Bukan Organisasi Naungan PBB, UHNWI Diisi Orang Super Kaya Raya

Big Banner
Ilustrasi Rumah Mewah (Rumah123/Curbed)

Pernah mendengar singkatan UHNWI? Ini merupakan singkatan dari ultra high-net worth individiual alias orang amat sangat kaya raya sekali.

Mungkin terkesan lebay ya, tapi nggak juga sih. Mereka yang masuk dalam ultra high-net worth individiual adalah orang yang memiliki kekayaan minimal 30 juta dollar AS (Rp413 miliar). Jumlah kekayaan ini tidak memasukkan rumah pribadi dan investasi hobi seperti koleksi seni, pesawat, dan properti.

Baca juga: Mau Jadi Rentvestor? Kayaknya Cocok Buat Milenial Nih!

Mereka yang masuk golongan UHNWI ini juga merupakan golongan orang paling tajir. Pada 2017, hanya ada 226.450 orang yang masuk kategori ini.

Ultra high-net worth individiual lebih kaya dari very high-net worth individual yang memiliki kekayaan di atas 5 juta dollar AS (Rp68 miliar) atau high-net worth individual yang kekayaan hanya di atas 1 juta dollar AS (Rp13 miliar).

Baca juga: Orang Superkaya Timur Tengah Siap Beli Rumah Termahal Sedunia

Jumlah ultra high-net worth individiual ini hanya 0,003 persen dari jumlah penduduk. Namun, kekayaan mereka sama dengan 13 persen kekayaan dunia!

Lembaga keuangan asal Swiss, Credit Suisse pernah mengadakan riset mengenai alokasi investasi dan kekayaan dari ultra high-net worth individiual secara global. Hasil ini sempat diunggah oleh media Inggris, Daily Mail.

Baca juga: Begini Nih Gaya Hidup Orang Superkaya, Pelihara Kuda dan Punya Istal!

Sebanyak 25 persen kekayaan dialokasikan ke aset keuangan seperti saham, obligasi, uang tunai, reksadana, dan lainnya. Sebesar 24 persen kekayaan ditempatkan untuk investasi properti dengan tidak memasukkan rumah tinggal.

Sebesar 23 persen ditempatkan pada bisnis pribadi, 16 persen untuk rumah pertama dan kedua, 6 persen untuk barang koleksi seperti mobil, pesawat, wine, dan lainnya. Sisanya 6 persen untuk lain-lain.

Baca juga: 1 dari 56 Penduduk Kota Ini Ternyata Orang Super Kaya!

Nggak nyangka kan kalau 24 persen untuk investasi properti dan 16 persen untuk pembelian rumah pertama dan kedua. Jadi 40 persen kekayaan ultra high-net worth individiual dialokasikan untuk memiliki rumah dan investasi properti.

Investasi properti memang banyak dipilih karena memiliki lebih aman jika dibandingkan berinvestasi di pasar uang dan pasar modal. Tingkat pengembalian keuntungan mungkin tidak setinggi saham, namun saham juga berpotensi turun tajam.

Baca juga: Kawasan Perumahan London Utara Jadi Incaran Selebriti dan Orang Kaya

Nah, kalau orang ultra high-net worth individiual ini saja memilih berinvestasi properti, masak kamu nggak sih? Kamu mau tajir juga nggak?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me