Anda Suka Ruang Makan Seperti Apa? Ini Pilihannya

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Ruang makan harus menjadi tempat yang menyenangkan dan mengundang  perhatian di rumah, serta tempat favorit keluarga berbagi cerita. Apakah anda lebih banyak meluangkan waktu makan malam bersama secara formal atau lebih sering sarapan bareng secara kasual dekat dapur? Anda lebih memilih suasana yang tertutup atau terbuka (outdoor)? Apapun pilihannya, pikirkan ruang makan yang praktis sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan anggota keluarga di rumah.

simple berdua interior ruang makan

Simpel Berdua           

Ciptakan ruang makan dengan pemandangan ke luar dekat jendela di dalam ruang yang sangat terbatas. Detil yang simpel melalui pilihan warna yang cerah pada mebel bisa menghadirkan suasana ruang yang rileks meskipun berada di sudut rumah terkecil.

ruang makan kasual terbuka

Kasual  dan Terbuka

Untuk aktivitas makan yang lebih kasual, meja sarapan dalam unit pulau (island) kecil yang menempel dengan meja dapur bisa dihadirkan terbuka dengan skema desain  yang selaras dengan seluruh ruang di rumah.

ruang makan galeri tematik

Galeri Tematik

Gandakan fungsi ruang makan sebagai galeri seni di rumah. Ciptakan tema warna tertentu untuk menyesuaikan dengan gaya lukisan atau karya seni yang dijadikan latar belakang meja makan. Anda juga bisa memasukkan aneka lampu dekoratif yang bernilai seni untuk mempercantik tampilan ruang makan.

ruang makan bergaya bar

Bergaya Bar

Anda juga bisa menyamarkan kehadiran ruang makan melalui meja makan tinggi yang sejajar dengan meja dapur. Untuk tempat duduknya pilih kursi bar berkaki jenjang. Ruang yang terkesan diangkat ke atas ini membebaskan area bawah sehingga tidak terlihat sesak.

ruang makan semi outdoor

Semi Outdoor

Ruang makan mungil ini dirancang dengan suasana semi outdoor dengan dinding kaca di sekeliling yang memberikan pemandangan ke ruang luar. Walaupun kecil,  suasana ruang tetap mengikuti konsep rumah klasik kontemporer. Kursinya dipilih bergaya klasik yang tidak simpel dan tidak berukuran besar (bulky). Begitu juga meja makan berdetail semi klasik dengan ukuran yang pas untuk empat orang.

Tips

Desainer interior Bimaranti Apridhita dari Urbanco (Jakarta) memberikan tips perancangan ruang makan di rumah dengan luas terbatas sebagai berikut:

-Pakai furnitur yang bisa mengakomodir kebutuhan jumlah penghuni namun tidak memenuhi ruang.

-Sebisa mungkin letakkan ruang makan dekat dengan salah satu jendela sehingga tercipta sirkulasi yang cukup dan pandangan yang leluasa.

-Jika ruang makan bergabung dengan pantry (dapur bersih/kering), utamakan kenyamanan aktivitas makan dan memasak.

-Kombinasikan beberapa model furnitur untuk menghemat tempat dan sirkulasi (pergerakan orang). Misalnya, memadukan bangku panjang (bench) pada satu sisi dan kursi-kursi tunggal di sisi lain, juga supaya ruang terlihat lebih menarik.

-Meskipun kecil, bukan berarti tidak bisa mencuri perhatian. Gunakan warna lembut untuk tampilan keseluruhan (general), lalu beri warna aksen yang menyala agar eye catching. Selaraskan warna dengan aksen di ruang keluarga atau ruang tamu yang bersebelahan dengan ruang makan.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me