Bikin Bufet Jadi Bernilai Tambah Dong!

Big Banner

 

Foto: Rumah123/Getty

 

Tau bufet? Itu lho lemari pajangan, biasanya tempat menyimpan barang-barang pajangan atau hiasan atau barang koleksi. Saat ini bufet sudah dimodifikasi menjadi lebih compact dan menawan. Ga setiap rumah harus punya bufet, tapi kalau kamu memilikinya coba periksa lagi hal-hal berikut agar bufetmu jadi bernilai tambah bagi ruangan.

Pilih dan Singkirkan Barang-Barang yang Ga Perlu

Buka bufet dan pilihlah barang-barang antara yang masih digunakan dan yang harus kamu singkirkan. Seringkali kita memang menaruh banyak barang-barang yang tidak perlu di furnitur ynag satu ini.

Cek Engsel Pintunya  

Periksa engsel pintu bufet, apakah berkarat atau tidak. Jika berkarat, kamu bisa mengolesi engselnya dengan cairan bebas karat.

Baca juga: Mainan Anak Jadi Pajangan, Seru Juga Lho!

Buatlah Rencana Penempatan Barang-Barang

Ketimbang kamu bongkar-pasang barang-barang yang akan kamu pajang dalam bufet, lebih baik kamu buat rancangan peletakannya lebih dulu. Lebih-lebih kalau barang-barang koleksimu superbanyak. Gambar sketsa kasarnya terlebih dahulu, lantas plih mana saja barang yang akan disusun vertikal dan mana yang horizontal.

Atur Dalam Satu Tema

Sebaiknya kamu menaruh barang-barang yang satu tema. Usahakan jangan membeli dan menempatkan barang yang tidak sesuai di bufet. Sebab, hal ini akan mengganggu pemandangan. Taruhlah bantalan empuk untuk koleksi yang ditumpuk.

Foto: Rumah123/Getty

Pergunakan Nampan

Kamu bisa menggunakan nampan yang sudah tak digunakan lagi untuk membantu mengelompokkan koleksimu. Cat nampan dengan warna yang sesuai dengan barang-barang koleksimu. Pastikan benda tersebut kering dan tak berbau. Alasi terlebih dahulu nampan tersebut dengan kain, lalu tata koleksimu di atasnya. Kamu juga bisa menambahkan gagang di samping nampan agar lebih mudah mengambilnya. Alasi sudut nampan dengan kain kecil yang ditempel untuk menghindarinya dari goresan.

Tempatkan Koleksi Barang Kaca dengan Posisi Terbalik

Koleksi yang terbuat dari kaca sangat gampang pecah. Untuk mengakalinya, selalu tempatkan barang-barang tersebut tidak terlalu tinggi. Berbagai macam gelas lebih bagus jika ditata menghadap ke atas agar permukaannya tidak retak. Peletakannya bisa juga digantung terbalik di atas seperti di bar atau restoran. Hal ini akan menambah ruang simpan di bagian bawahnya.

Baca juga: Trik Sulap Ganti Dinding Jadi Lemari Kabinet

Sediakan Satu Rak Khusus untuk Jamuan Makan

Sediakan satu rak khusus untuk menyimpan peralatan lain yang digunakan untuk jamuan makan, semisal lilin, pembuka botol, pembuka kaleng, tusuk gigi, korek, dan lain-lain. Pisahkan menurut kegunaannya dan beri label.

Beri Pelindung Permukaan Bufet

Beri pelindung pada bagian atas bufet karena bagian ini seringkali mendapat goresan atau bekas cincin dari gelas minuman. Gunakan potongan batu alam semisal marmer yang dipotong sesuai bentuk atas bufet. Jika kamu ingin mendapatkan kesan dekoratif, bisa melapisi bufet dengan kain atau wallpaper, lalu tumpuk dengan kaca bening.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me