Yang Bilang Rumah Harus Selalu Rapi Tuh Sapa?

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

 

Rumah yang rapi tentu aja ga ada yang pungkiri bahwa itu baik. Kerapian rumah tentunya membuat para penghuni merasa nyaman. Tapi, gimana kalau kenyataannya kamu ga selalu bisa membuat rumahmu selalu rapi? Lebih-lebih kalau kamu dan pasangan sama-sama bekerja di luar rumah. Berangkat pagi dan balik ke rumah sudah gelap. Kamu ada rasa bersalah karena ga bisa bikin rumah rapi? Sebaiknya jangan!

Ada beberapa hal yang membuat suasana rumah menjadi lebih hangat kalau rumah tidak melulu dalam kondisi rapi. Sedikit ‘berantakan’ ternyata dapat mempererat hubungan kamu dan keluarga.

Baca juga: 6 Ide Menyimpan Sepatu, Dijamin Rumah Jadi Rapi Deh!

Emang hal-hal apa aja sih yang jadi alasan rumah ga selalu harus rapi? Mengutip huffingtonpost.com, paling ga  poin-poin berikut ini alasannya:

Ga Kotor Ga Belajar!

Rumah yang selalu dibikin rapi kadang bikin para penghuninya takut untuk melakukan sesuatu. Ya apa lagi kalau bukan takut berantakan. Pengen masak bareng, takut dapur jadi berantakan! Anak udah gatel pengen maen perang bantal, takut kena marah, dan sebagainya. Hal ini bikin penghuni rumah ga kerasan di rumahnya. Masih inget ungkapan “kalau ga kotor, ga belajar” ? Kalau rumah harus selalu rapi, yang ada para penghuni segan melakukan aktivitas senang-senang di rumah.

Bikin Keluarga Makin Solid

Kalau rumah dalam kondisi berantakan setelah berkegiatan bersama, kamu dan angggota keluarga kini punya kegiatan asyik bareng, yakni membereskan rumah sama-sama. Jadi, ada kebersamaan dalam keluarga dengan membereskan rumah bersama-sama. Kalau rumah selalu tertata rapi, maka anggota keluarga akan pasif merapikan rumah, wong udah rapi mau dirapikan gimana lagi, iya kan?

Baca juga: Cara Simpel Rapikan Perabot Rumah, Gini Loh!

Mencegah Seribu Pertengkaran Kecil

Kalau kamu ga menuntut rumah harus rapi, ada banyak pertengkaran kecil yang bisa dicegah. Mungkin kamu suka ngomel kalau pasangan meletakkan pakaian bekas pakai di lantai, atau anak-anak meletakkan barang-barangnya begitu saja. Kalau rumah ga selalu harus rapi, seribu pertengkaran kecil bisa dihindari.

Meskipun kerapian dan kebersihan rumah merupakan poin penting yang harus dilatihkan sejak dini ke semua anggota keluarga, tapi sekali-kali berantakan di rumah bisa juga jadi poin untuk bersama-sama merapikannya. Setuju?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me