Rumah Rp200 Jutaan Deket Stasiun dan Irit Tagihan Listrik Sampe 60 Persen, Beli!

Big Banner
Gambaran proyek hunian AKI Group di Tangerang. Foto: Rumah123/Dok. AKI Group
Sebuah developer mengembangkan Cluster Alamanda Residence berharga mulai Rp200 juta per unit di lahan seluas 7 hektare. Selain deket Stasiun Tigaraksa (cuma berjarak 150 m), hunian di Tangerang ini berkonsep irit listrik karena menggunakan solar panel. 
 
Tipe yang bisa kamu pilih, mulai tipe 5×12 m2 sampai 8×12 m2. “Kami buat rumah modern minimalis yang dikelilinginya penuh area hijau. Kami yakin bisa dijangkau 50 menit dari Jakarta,” kata Chief Executive Officer (CEO) dan pendiri AKI Group, Victor Wirawan, seperti dikutip Kompas.com, Senin (9/4/2018).
Baca juga: Rumah Pake Sistem Panel Surya Irit Energi, DP Bisa Dicicil 25 Kali, Mau Gak?Dengan keunggulan harga dan letaknya yang dekat stasiun ditambah konsep solar panel, rugi lho kalau kamu ga beli sekarang. Tau teknologi solar panel atau panel surya? Dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai sumber energi, bisa menghemat tagihan listrik hingga 60 persen.
 
“Kami memang ingin mengembangkan rumah yang bisa memanfatkan cahaya matahari sebagai sumber energi yang dapat dikonversi menjadi tenaga listrik. Ini langkah awal untuk mengembangkan rumah berkonsep listrik mandiri. Targetnya bisa mengurangi penggunaan listrik PLN sampai 60 persen,” kata Victor.
 
Menurut Victor, berdasarkan penelitian Asosiasi Energi Surya Indonesia, panel surya berkapasitas 1 kWp dapat menghasilkan listrik selama 8 jam dari pukul 08.00 sampai 16.00 dan total yang dihasilkan kurang lebih 3,5 kWh dengan intensitas sinar matahari di Jakarta. Karena itulah, konsumsi listrik dari PLN berkurang 3,5 kWh per hari atau setara dengan Rp5.000 (tarif listrik PLN Rp1.400/kWh). “Artinya, dalam sebulan tagihan listrik bisa berkurang Rp 150.000,” kata Victor.
 
Indonesia kaya energi matahari sepanjang tahun. Berdasarkan data Kementerian ESDM, potensi energi surya di Indonesia sekitar 4,8 kWh/m2 atau setara dengan 112.000 GWp. Namun, yang sudah dimanfaatkan baru sekitar 10 MWp, padahal Indonesia bisa memanfaatkan potensi besar itu.
 
Kata Victor, nantinya energi yang dihasilkan panel surya ini dapat langsung digunakan ke dalam beban dan selebihnya disalurkan ke dalam jaringan PLN. Penghuni rumah jadi bisa menekan biaya listrik PLN atau bahkan dibayar oleh PLN untuk setiap listrik yang disuplai ke jaringan PLN.
 
Masih nyari yang murah kayak apa lagi?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me