Punya Lahan Sempit di Kota Besar, Jangan Komplen Dulu!

Big Banner
Rumah Sempit yang Didesain oleh Terra e Tuma (Rumah123/Dezeen)

Kalau memiliki lahan di kota besar, banyak tantangannya. Lahan tidak luas, bentuk tanah tidak beraturan, dan lainnya. Belum lagi, lahan biasanya berdampingan dengan bangunan lain. Hal ini juga yang dihadapi oleh biro arsitek asal Brasil, Terra e Tuma.

Biro arsitek ini memiliki klien yang ingin memiliki hunian di Kota Sao Paulo, Brasil. Kota ini merupakan salah satu metropolitan dan juga salah satu kota terbesar di Brasil.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Mungil Plus Perpustakaan untuk Kaum Urban?

Lahan yang dimiliki klien sebenarnya unik. Lebarnya hanya 5,6 meter, namun dengan panjang 30 meter. Hmm, mirip di Jakarta ya?

Terra e Tuma mendesain rumah dua lantai. Pada bagian sisi kanan kiri dan juga belakang, biro arsitek membangun tembok dari beton. Kegunaan dari dinding beton ini adalah untuk menjaga keamanan rumah dan juga sebagai privacy. Rumah ini juga mengaplikasikan beton ekspos pada hampir seluruh ruangan.

Baca juga: Mau Lihat Apartemen Mungil yang Instagramable?

Walaupun luas tanah mencapai 168 meter persegi, namun rumah ini hanya mempunyai luas bangunan 170 meter persegi. Luas ini adalah maksimum yang diperbolehkan.

Terra e Tuma mendesain kamar tidur berada di lantai satu. Agak unik karena biasanya area privat berada di lantai dua. Agar rumah tidak terkesan sempit karena lebarnya, biro arstiek mendesain banyak ruang terbuka seperti void, taman, dan juga kolam. Baik taman dan kolam ditempatkan di tengah bangunan.

Baca juga: Apartemen Mungil Ini Didesain untuk 2 Penghuni dan 51 Kucing!

Meski bangunan tidak lebar, berkat pengaturan desain yang baik, rumah ini terkesan lapang dan terbuka. Kalau kamu memiliki permasalahan yang sama, punya lahan sempit seperti ini, coba deh untuk mengaplikasikan desain serupa.

Rumah yang Didesain oleh Terra e Tuma (Rumah123/Dezeen)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me