Terus-Terusan Nolong Orang, yang Bantu Kamu Sapa?

Big Banner

 

Foto: Rumah123/Getty

  

Berapa nominal gaji kamu? Buat apa aja sih duit kamu itu? Kalau kamu udah punya gaji, berapa pun nominalnya, kamu harus punya perencanaan keuangan sesederhana apa pun itu. Tentuin aja kamu berencana punya rumah, maka dengan sendirinya kamu akan terpaksa menabung dan ga hidup boros. Tapi, ada masalah lain nih, kalau kamunya udah bisa ngirit, tapi gimana kalau harus selalu bantu keluarga yang butuh duit?

Bukan rahasia lagi kan, kita orang Indonesia selalu dihadapkan pada masalah saudara dan persaudaraan, padahal duit konon ga kenal saudara ya. Pernah ga kamu dengar ada keluarga di Indonesia yang ga pernah dimintain tolong sama saudaranya? Pinjem duit buat ini-itu, minta duit buat ini-itu. Gimana sikap kamu?

Baca juga: Gaji Milenial Gak Seberapa? Ada KPR Khusus Milenial Nih!

Ada nih milenial yang harus terus-menerus menolong keluarganya. Bulan pertama, kakaknya butuh duit buat anaknya sekolah. Bulan kedua, adiknya butuh duit buat bantuin dana dia melahiran. Bulan ketiga, sepupunya pinjam uang untuk mengeluarkan anaknya dari rumah sakit. Dan seterusnya….

Mengapa si milenial mau keluar duit buat mereka itu? “Ya, kan itu darurat, kalau ditolak nanti gimana?” katanya. Membantu orang lain memang baik, tapi gimana dengan kebaikan buat kamu sendiri? Siapa yang akan membantu kamu kalau kamu butuh dana buat beli rumah? Pada saat kamu sibuk membantu orang lain tanpa memprioritaskan hidup kamu sendiri, maka keuangan kamu jadi berantakan.

Baca juga: Milenial Berani Minta Kenaikan Gaji. Nah, Sudah Berani Investasi Properti Belum?

Angka tuh ga bohong, segede apa pun nominal gaji kamu, kalau kamu cuma keluar duit buat orang lain, maka kamu akan gigit jari! Jadi, kamu ga bisa terus-menerus menyokong keuangan orang lain tanpa kamu menolong diri sendiri!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me