Gimana Mau Didik Anak Kalo Ga Punya Rumah?

Big Banner
Ilustrasi Keluarga (Rumah123/Realestate.com.au)

Bagi kamu yang berstatus mom and dad, pastinya pernah mengalami kesulitan mendidik putra putrinya kan? Apalagi kalau kamu dan pasangan masih tinggal di rumah mertua atau orang tua.

Kamu dan pasangan menerapkan pola pengasuhan A, sebaliknya mertua atau orang tua lebih memilih pola pengasuhan B. Bisa jadi semua yang diterapkan memang benar adanya, namun anak yang masih kecil akan kesulitan untuk memahami kenapa semua hal bisa bertentangan.

Baca juga: Sstt, Katanya Rumah Ini Pernah Dimiliki oleh Keluarga Diktator

Misalkan kamu ingin mengajarkan kalau anak harus menghormati privacy orang tua dengan mengharuskan mengetuk pintu ketika ingin masuk kamar, tetapi kakek neneknya mungkin malah bersikap lebih permisif.

Atau kamu dan pasangan ingin mengajarkan kalau anak hanya boleh bermain di kamarnya sendiri dan tidak boleh bermain di ruangan lain serta diharuskan membereskan mainan. Namun, kakek nenek membolehkan cucunya bermain di mana saja.

Baca juga: Rumah 40 Meter Persegi Ditempati 3 Keluarga? Masih Muat Lho!

Kebingungan ini akan dialami anak. Kamu dan pasangan memiliki aturan, begitu juga dengan orang tua atau mertua. Namun, hal ini tidak terjadi kalau kamu dan pasangan memiliki rumah sendiri.

“Kalau punya rumah sendiri. Anak belajar kepemilikan sendiri. Ada batasan ruang pribadi. Ini bikin anak respek soal kepemilikan atau batasan,” ujar psikolog Astrid Wen kepada Rumah123.

Baca juga: Mau Hidup Ekstra Irit, Keluarga 3 Anak Ini Pilih Tinggal di Rumah Sempit

Jika kamu dan pasangan memiliki hunian sendiri, kamu dan pasangan akan memiliki peraturan di rumah sendiri. Anak harus dididik untuk mengikutinya.

Anak akan diajarkan dan dididik untuk memahami barang miliknya dan milik orang lain, tahu mana kamar pribadinya dan kamar orang lain. Anak diajak memahami semua ini sejak dini.

Baca juga: Rumah Keluarga Konglomerat AS Rockefeller Dijual Lho, Kamu Mau Beli?

Nah, kalau kamu masih menumpang di rumah orang tua atau Pondok Mertua Indah, ya susah banget untuk melakukan. Makanya, kamu dan pasangan harus punya hunian dulu. Udah deh, nekat beli rumah.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me