BTN Jual Rumah yang Macet Secara Online

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Kredit macet atau non performing loan (NPL) adalah momok bagi perbankan karena akan menggerus perolehan labanya. Karena itu setiap bank akan berupaya keras mengurangi rasio NPL-nya supaya kinerjanya tetap bagus.

Suasana IPEX BTN 2017 (HousingEstate/Susilo Waluyo)

Suasana IPEX BTN 2017 (HousingEstate/Susilo Waluyo)

Terkait hal itu, Bank BTN yang mayoritas kreditnya berupa pembiayaan perumahan (KPR), membuat portal online untuk menawarkan rumah-rumah yang kreditnya macet untuk dibeli siapapun yang berminat.

Menurut Direktur Collection & Asset Management Bank BTN Nixon LP Napitupulu, NPL KPR BTN saat ini tercatat 2,77 persen atau senilai Rp3,5 triliun. Sebanyak Rp2,8 triliun merupakan kredit rumah tapak dengan jumlah mencapai 45 ribu unit, tersebar di seluruh Indonesia. Puluhan ribu rumah itu sangat potensial dipasarkan.

“Makanya kami membuat portal online untuk menginformasikan kepada masyarakat kalau ada pilihan lain membeli rumah dari aset kami yang macet. Yang kami masukan di portal rumah yang sudah free and clear. Artinya sertifikat dan legalitas lainnya sudah keluar, harganya juga lebih miring,” katanyasaat memperkenalkan portal online rumahmurahbankbtn.com kepada kalangan media di Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Dulu setiap bank BUMN mendaftarkan aset rumah yang kreditnya macet itu ke balai lelang atau rumah lelang yang terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan. Masyarakat yang tertarik ikut membeli secara lelang harus menyetorkan dana 20 persen dari nilai rumah yang ingin dibeli. Setelah itu prosesnya sekitar 45 hari untuk mendapatkan rumah yang kita inginkan. Bila ditetapkan sebagai pemenang lelang, kita harus langsung melunasi rumah tersebut.

Rumah yang terdaftar di portal itu nilainya mulai Rp40 juta hingga miliaran rupiah. Portal ini sudah mulai diperkanalkan Februari 2018 lalu dan sudah mendaftar 5.206 unit rumah senilai Rp1,9 triliun dengan penjualan sudah mencapai Rp30 miliar hanya dari informasi mulut ke mulut. Targetnya hingga akhir tahun ini bisa terdaftar 10 ribu unit rumah dengan target penjualan Rp600 miliar.

Mekanisme pendaftaran hingga booking rumah dibuat sangat mudah. Kita bisa memilih rumah berdasarkan lokasi, harga, dan kantor cabang Bank BTN. Bila tertarik, petugas dari Bank BTN akan menginformasikan secara aktif aneka persyaratannya melalui whatsapp (WA). Di portal juga akan dipasang foto petugas Bank BTN-nya sehingga kita langsung mengenal wajahnya saat melayani di kantor cabang.

“Dengan dibuat online seperti ini aset yang tadinya macet secara ekonomi akan bergulir lagi. Tapi, penekanan yang ingin kami sampaikan, ini juga alternatif lain konsumen memiliki rumah sendiri dengan harga pasti lebih murah. Dari sisi kami ini juga bentuk keterbukaan kami terhadap penanganan aset yang macet. Nanti konsumen yang berminat akan diberi kemudahan membeli dengan KPR lelang dari Bank BTN kalau proses lelangnya sudah diikuti dan menang,” jelasnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me