Nah, Gimana Mau Bikin Aturan Sendiri Kalau Ga Punya Rumah?

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Kamu dan pasangan menerapkan aturan tidak boleh menonton televisi bagi anak kecuali pada jam-jam tertentu, setelah mengerjakan pekerjaan rumah, dan lainnya. Namun, kakek nenek membiarkan cucu-cucunya untuk menonton sepanjang hari.

Kamu dan pasangan membatasi anak-anak kamu untuk menyantap makanan cepat saji. Tetapi, kakek nenek membelikannya secara rutin.

Baca juga: Kalau Bener Sayang Cucu Tuh Begini

Hmm, masalah ini bakal sulit diatasi kalau kamu sekeluarga masih tinggal bersama orang tua atau mertua. Saat kamu dan pasangan pergi bekerja, anak-anak tinggal di rumah bersama kakek nenek atau malah bersama pengasuh.

“Kenapa anak nurut sama kakek nenek atau baby sitter. Mesti ada break down. Kapan waktu bersama, kualitas ditingkatkan, paling nggak makan bersama,” ujar psikolog Astrid Wen kepada Rumah123.

Baca juga: Kakek Belikan Cucunya Rumah Seharga Rp42 Miliar! Terima Kasih Ya Kek

Kalau pengasuh tentunya masih dapat diberitahu. Sebagai orang yang kamu pekerjakan, pengasuh akan mengikuti aturan kamu.

Nah, bagaimana dengan orang tua atau mertua? Kakek nenek cenderung memanjakan cucu-cucunya. Saat kamu dan pasangan masih kecil, bukankah kamu juga dimanjakan oleh kakek nenek?

Baca juga: Kakek Nenek, Bapak Ibu, dan Cucu Kumpul Semua di Sini

Kamu dan pasangan harus melakukan pendekatan kepada orang tua dan mertua guna menyelesaikan masalah ini. Hanya saja memang sulit kalau kamu masih tinggal bersama orang tua atau mertua.

Bagaimana menyelesaikannya? Ya, gampang saja. Kamu harus keluar dari rumah orang tua atau mertua. Mungkin kamu bisa mengontrak terlebih dahulu seraya mengumpulkan informasi soal pembelian rumah atau apartemen.

Kalau kamu tidak segera keluar dari rumah orang tua atau mertua dan memiliki hunian sendiri, kamu bakal kesulitan untuk menerapkan aturan di rumah kamu sendiri. Bagaimana kamu mau membuat aturan kalau tinggal bukan di rumah sendiri?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me