6 Calon Emiten yang akan Mencoba Peruntungan di Bursa (3)

Big Banner

PP Urban anak usaha BUMN berikutnya yang akan membangun fondasi di lantai bursa pada 2018 adalah PP Urban, anak usaha dari PT PP (Persero) Tbk. Perusahaan yang memfokuskan untuk membangun rumah susun sederhana milik (rusunami) ini merupakan wujud transformasi dari perusahaan sebelumnya yaitu PP Pracetak. Rebranding PT PP Pracetak menjadi PT PP Urban sekaligus menjadi sebuah pengukuhan bahwa perusahaan tersebut akan fokus pada penyediaan perumahan untuk pekerja dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Setelah bertransformasi, PP Urban memiliki tiga pilar bisnis, yakni PP Urban Development sebagai penyedia hunian kota mandiri bersegmentasi low cost, PP Urban Construction untuk membangun perumahan yang menggunakan teknologi efektif dan efisien. Serta, PP Urban Precast yang akan menyediakan modul untuk pembangunan hunian berkualitas. PP Urban sendiri berencana melakukan penawaran umum perdana pada semester II 2018 dan menargetkan dapat meraup dana sebesar Rp2 triliun.

Berdasarkan prognosis laporan keuangan yang belum di audit, PP Urban membukukan pendapatan Rp1,36 triliun pada 2017. Total laba bersih yang berhasil dikantongi pada tahun lalu senilai Rp36 miliar. Sementara itu, total aset yang dimiliki perusahaan pada 2017 mencapai Rp2,24 triliun dan ekuitas perusahaan tercatat sebesar Rp400 miliar.

Salah satu proyek terbesar yang digarap PP Urban saat ini adalah PP Urban Town@Serpong yang merangkum 6000 unit rusunami di Kota Tangerang Selatan, yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Kawasan PP Urban Town@Serpong berdiri di atas lahan seluas 8,5 hektare (ha) dengan konsep mix used development yang merangkum 11 tower apartement, office dan mall development.

Adapun, 9 tower apartemen di antaranya terdiri dari 6.000 unit khusus untuk pekerja dan masyarakat berpenghasilan rendah yang dapat menampung populasi sekitar 18.000 jiwa. Luas unitnya adalah 30 m2 yang terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur dan ruang keluarga dengan harga 8,4 juta m2 atau sekitar Rp294 juta.

PP Urban Town@Serpong dilengkapi dengan fasilitas umum dan sosial seperti penitipan anak para pekerja, playground, play group, ruang publik serta fasilitas penunjang keseharian lainnya. Rusunami Urban Town@Serpong merupakan kawasan hunian strategis karena hanya berjarak 1,5 KM dari pintu gerbang tol BSD dan 1,5 KM dari stasiun kereta api sudimara.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me