Siasat Cermat Menata Apartemen 18 M2 dengan Perabot Multifungsi

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Kendati mungil, anda tetap bisa memanfaatkan ruang di apartemen mungil dengan beragam fungsi layaknya di rumah biasa dengan sedikit leluasa. Contohnya, di apartemen studio seluas 18 m2 (3 x 6 m2) di Jakarta Timur ini sedikitnya tiga skenario fungsi ruang bisa disiapkan. Yakni, sebagai ruang publik, ruang privat, dan area servis. Seperti sebuah adegan film, set ruang bisa disesuaikan untuk setiap skenario aktivitas yang ingin dilakukan. Penggagasnya arsitek Faisal D Nugraha.

dok. Majalah HousingEstate

dok. Majalah HousingEstate

Lapang dan Terbuka

Skenario ruang di pagi hingga siang hari yang berkesan lapang dan terbuka. Unit apartemen terlihat dikosongkan dengan furnitur terlipat rapi menempel ke dinding dan lantai berlapis parket kayu laminasi yang berkesan hangat. Empat bangku kecil atau poeff dalam aksen warna hijau mengisi sudut jendela sebagai area duduk santai.

Ruang Tamu

Jika ada tamu berkunjung, area tengah bisa disulap menjadi area publik sebagai ruang tamu dengan memanfaatkan empat poeff berukuran 40 x 40 x 45 cm dari dekat jendela, dan mengeluarkan sebuah coffee table yang tersimpan di sudut ruangan. Meja bisa diset pendek seukuran poeff atau memanjang berukuran 60 x 40 x 50 cm dengan menarik sisi tambahan di kiri dan kanan.

Ruang tidur

Waktu istirahat di sore atau malam hari adalah saatnya menempatkan ranjang di tengah ruang. Furnitur ranjang berukuran 120 x 200 cm yang terintegrasi ke dinding cukup ditarik ke depan dengan menempatkan kaki di bagian bawahnya. Jika diperlukan meja makan juga bisa dialihfungsikan menjadi meja kerja dengan memanfaatkan ranjang sebagai tempat duduknya.

Ruang Makan

Area meja makan bisa diset untuk pagi hari, siang hari dan malam hari. Daun meja makan dilipat menyatu dengan ranjang dan kabinet untuk kulkas satu pintu di baliknya. Ketika daun meja selebar 70 cm yang terangkai dengan kaki meja dilepaskan dan dijatuhkan ke lantai, maka ruang makan pun tercipta. Aksen cermin tersingkap di ujung meja memberi efek meluas. Lengkapi meja dengan poeff yang ditarik dari dekat jendela.

Dapur

Dapur di sisi meja makan dilengkapi area penyimpanan di bagian atas dan bawah. Tambahan kabinet fleksibel bisa ditarik keluar sebagai area ekstra untuk meja dapur.

Ruang Baca-Area Servis

Sudut ruang dekat jendela ini menampung dua fungsi sekaligus sebagai area duduk untuk membaca dan area servis untuk menjemur serta menyetrika. Caranya, tarik sebagian sisi kabinet mengikuti rel di sisi atas, lepaskan bidang lipatan menjadi meja setrika berukuran 40 x 80 cm, dan pasang tiang besi horizontal di tengah sebagai penguat serta tempat menggantung pakaian. Lemari ramping vertikal di sisi samping difungsikan sebagai gudang untuk menaruh barang-barang yang cukup besar seperti tangga lipat.

Area Penyimpanan

Lemari pakaian terdiri dari dua kompartemen terpisah untuk pakaian terlipat dan digantung.

Poeff multifungsi sebagai kabinet dan bagian dudukan bisa dilepaskan.

-Meja tamu bisa diperpanjang dengan tambahan laci terbuka di sisi kanan dan kiri.

-Rak-rak terbuka di balik deretan poeff bisa dimanfaatkan untuk area penyimpanan.

Menurut Faisal, ide ruangan multifungsi di apartemen studio ini dimaksudkan untuk bisa mewadahi kegiatan dasar penghuni seperti makan dan tidur dengan nyaman, dan urusan servis serta penyediaan gudang bisa teratasi. “Solusinya memang harus didukung furnitur yang dibuat sesuai kebutuhan dan ukuran ruang (built in atau customized), tidak bisa membeli barang jadi (loose furniture),” kata pemilik Inteco Custom Furniture (Jakarta) itu.

Bahannya multipleks dengan finishing atau lapisan akhir high pressure laminated (HPL). Ia mendesain setiap furnitur mempunyai lebih dari satu fungsi dengan bentuk dan ukuran yang presisi (akurat), sehingga bisa saling melengkapi satu sama lain dan ringkas (kompak). Untuk mencapai berbagai fungsi ruang yang berbeda, perabot juga dibuat fleksibel dilipat, diangkat, ditarik, dan dipindah-pindahkan dengan mudah.

“Konsep multifungsi ini pas untuk penghuni lajang atau pasangan baru, tapi kurang cocok jika sudah punya anak karena bisa membahayakan mereka saat melipat atau menarik furnitur,” urai lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Indonesia ini.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me