Dear Newlywed, Cara Nomer 4 Harus Ekstra Teliti Biar Bisa Beli Rumah!

Big Banner
Foto: Rumah123/Getty

 

Begitu menikah, tentunya hampir semua pasangan suami-istri pengen punya rumah sendiri. Kalau belum ada duit cash, ya tentunya bersabar dulu dengan mulai menabung. Tapi, kadang ada juga penganten yang masih bingung mau mulai dari mana kalau mau beli rumah, lebih-lebih duitnya belum ada.

Kalau kamu bingung mau mulai dari mana, lima langkah berikut ini bisa bantu kamu untuk punya rumah. Simak aja yah!

Pertama, ngobrol serius soal keuangan 

Langkah ini kudu ada ga bisa ga ada. Kalau kamu sudah menikah, ga mau terbuka atau transparan soal keuangan ya susah juga. Penyisihan uang yang 30 persen juga ga bakal terlaksana. Kamu bakal sulit mengatur keuangan bersama. Jadi, penting banget buat kamu yang baru menikah untuk buka sesi ngobrol perihal penghasilan yang diterima bersama dan akan dibelanjakan apa saja, dan mau disihkan sejumlah berapa.

Baca juga: Mau Dipuja-Puji Suami? Coba Deh Beli Rumah!

Kedua, bikin tabungan bersama

Ga soal sih pake nama kamu atau nama pasangan, yang penting bikin tabungan yang bisa diakses kamu bedua. Ini penting banget untuk menyisihkan penghasilan yang kamu dan pasangan terima. Jadi, kamu ga susah-susah lagi membedakan mana dana yang untuk beli rumah.

Baca juga: Paksa Diri Beli Rumah Sebelum Anak Masuk Sekolah, Eh Ternyata Bisa Juga Lho!

Ketiga, manfaatin promo dari developer

Untuk langkah yang satu ini, kamu kudu jeli dan pasang mata-telinga. Pasalnya, para pengembang seringkali mengadakan promo yang menguntungkan pembeli. Apalagi kalau mereka baru launching produk propertinya, banyak keringanan pembayaran yang bisa kamu dapatkan.

Keempat, manfaatkan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Selain memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kamu juga bisa memanfaatkan KTA untuk bisa membeli rumah. Keuntungan dari KTA, yakni bebas jaminan. Tanpa menjaminkan apa pun, dana KTA ini bisa cair. Pelajari sistem cicilan rumah menggunakan KTA sebelum kamu memutuskannya.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me