Kredit Properti via Fintech Beli Rumah Tanpa Tatap Wajah (3)

Big Banner

Gradana menawarkan skema yang hanya berlaku untuk pengembang (developer) yang sudah menjadi rekanan Gradana. Pemberi dana dapat berupa institusi maupun kalangan individu. Nantinya rumah yang dibeli akan dijadikan jaminan bagi pemberi dana, disertai guarantee letter (untuk refund bila terjadi default) dari pengembang rekanan.

Tahapan pengajuan kredit semua dilakukan secara online dimana calon pembeli yang ingin mengajukan pinjaman bisa mendaftarkan diri ke situs Gradana dengan melengkapi dokumen yang diperlukan. Gradana atau melalui tim pengembang, memastikan kredibilitas calon pembeli dengan melakukan verifikasi dan credit scoring terhadap pembeli (borrower), termasuk BI checking.

Ketika pinjaman telah disetujui, calon pembeli (borrower) akan dipublikasikan ke pool of lenders atau daftar pilihan borrower yang nantinya bisa dipilih oleh pemberi dana untuk memberikan pinjaman. Calon pembeli yang disetujui akan langsung mendapatkan dana untuk pembayaran uang muka kepada pihak pengembang properti.

Ada dua produk landing yang ditawarkan Gradana yakni GraDP dan GraSewa. Menurut Komisaris Gradana Freenyan Liwang, nilai investasi properti yang terus meningkat tiap tahunnya membuat masyarakat kesulitan berinvestasi di properti karena besarnya uang muka (DP) yang harus dibayarkan. Guna mengatasi hal tersebut, Gradana hadir sebagai perusahaan rintisan digital lokal yang fokus pada pembiayaan (fintech) properti.

Pendanaan yang dapat disediakan Gradana bisa mencapai Rp2 miliar. Untuk setiap pinjaman yang dberikan akan dibagi ke sejumlah slot sehingga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi.

Bagi masyarakat yang ingin ikut terlibat, dapat membeli slot dengan harga Rp10 juta per slot. Melalui fasilitas yang diberikan Gradana, konsumen (borrower) dapat membayar DP dengan cara dicicil antara 24-36 kali. Setelah cicilan DP lunas, mereka bisa mengajukan KPR (kredit pemilikan rumah). Dengan cara ini, konsumen bisa lebih mudah memiliki hunian.

Selain memberikan bantuan pembiayaan untuk pembayaran uang muka rumah, Gradana juga menyediakan pembiyaaan untuk sewa properti (ruko, apartemen dan rumah tapak) baik untuk tempat usaha maupun tempat tinggal GraSewa.

Seperti halnya kesulitan menyediakan uang muka saat membeli rumah, kaum milenial yang membuka usaha sendiri juga kerap terkendala biaya sewa tempat usaha di lokasi strategis atau hunian favorit yang harus dibayar langsung untuk periode 1–2 tahun di muka.

Dengan GraSewa penyewa tidak perlu menyediakan dana sendiri untuk membayar biaya sewa 1-2 tahun di muka, tapi bisa dicicil setiap bulan. Calon penyewa bisa memilih sendiri properti yang ingin disewanya, kemudian menginformasikannya ke Gradana. Sementara ini GraSewa baru mencakup properti di megapolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, bekasi) dan Bandung.

Sementara pemilik properti juga tidak perlu menagih biaya sewa setiap bulan ke penyewa, karena sudah menerima pembayaran di muka full dari Gradana. Pemilik properti juga bisa lebih mudah mendapatkan penyewa dengan mendaftarkan propertinya ke Gradana untuk dibiayai dengan skema GraSewa.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com