Tinggal di Rumah Besar, tapi Gak Bisa Makan! Amit-Amit Deh!

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/Realestate.com.au)

Bosan ama rumah lama? Ciyeeeee.. Ya kaliiiiii. Atau, pengen punya rumah lebih besar karena “pasukan” keluarga yang sudah bertambah banyak? Banyak kok yang begitu!

Yang paling sering kejadian sih jual rumah lama sebagai “modal” beli yang baru. Modal lho ya! Jarang banget hasil penjualan rumah lama bisa untuk beli upsize. Beda kalo rumah lama kamu lebih besar dari yang akan dibeli, bisa banget cukup, bahkan lebih.

Nah, biar sukses punya rumah yang lebih besar, lebih bagus, dan lebih segalanya, ada beberapa tips yang harus dicatat nih! Apa aja?

Baca juga: Rumah123: Developer Mesti Pahami Kenapa Konsumen Milenial Ga Mau Beli Rumah

  • Bisa Pinjam Berapa?

Karena hasil penjualan rumah lama hanyalah modal, kamu pasti harus nambah dana dong. Berencana ambil KPR? Nah, poin ini penting diperhatikan. Coba deh konsultasi ke bank, tanya kemungkinan besar KPR yang bisa kamu dapat.

Setelah itu, kamu jadi punya gambaran harga rumah baru yang bakal mampu dibayar. Soalnya, seringkali kemampuan dan kemauan tuh gak akur. Coba dibikin akur dulu ya!

Baca juga: Siapa Bilang Milenial Ga Mau Beli Rumah?

  • Buat Apa Sih?

Jangan kebawa nafsu atau gengsi, coba pikirkan apa sih tujuan kamu upsize? Karena memang butuha space lebih luas? Butuh lokasi yang lebih strategis? Pengen jadi asset investasi? Atau cuma pengen kelihatan gaya? Opsi terakhir sih jangan sampai jadi alasannya ya!

Poin ini sih biar jadi batas kriteria rumah baru yang bakal kamu pilih. Sesuai kebutuhan aja, supaya gak nyesal belakangan. Rumah sekarang ukurannya 50 meter persegi, butuh yang 100 meter persegi, tapi karena nafsu kamu jadi ambil yang 200 meter persegi. Ini mah bakal repot nantinya. Bisa jadi malah KPR tuh jadi beban. Ogah banget kan punya rumah tapi gak bisa makan!

Baca juga: Pesan Buat Milenial: Punya Rumah Dulu, Baru Nikah

  • Tung Itung Biaya Lain-lain

Upsize ke rumah baru atau seken tetep bakal ada biaya tambahan lho! Pajak, atau bahkan biaya renovasi. Mayan banget lho itu jumlahnya! Nah, masukin ini dalam perhitungan dana yang harus disiapkan ya! Biar gak jantungan pas bayarnya nanti.

  • Kalau Ngeyel…

Padahal hasil penjualan rumah lama masih jauh dari harga yang baru, sementara jumlah KPR juga tidak mencukupi, tapi kamu ngeyel. Nah, ini repotnya. Ya gak masalah sih selama kamu bisa menyediakan dana selisihnya itu.

Baca juga: Co-Living Bisa Jadi Solusi Hunian Murah untuk Milenial

Kalau semua poin ini sudah dipikirin matang-matang, dijamin nyaman tinggal di rumah baru yang lebih luas. Bisa bayar cicilan KPR, dan masih makan enak setiap hari.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me