Gimana Mau Punya Rumah Kalo Ga Bisa Ngitung Pengeluaran Sebulan?

Big Banner
Ilustrasi Rumah (Rumah123/Realestate.com.au)

Wah, gimana mau beli rumah, wong gajinya hanya lima koma atau sepuluh koma. Pasti kamu pernah mendengar joke ini atau kamu malah mengalaminya sendiri.

Maksud candaan ini adalah kalau menerima gaji pada tanggal 25 Januari, maka di bulan Februari tanggal 5 atau 10, gaji kamu sudah habis. Kamu mengalaminya sesekali atau tiap bulan?

Baca juga: Punya Gaji Rp11 Miliar Perminggu Kayak Alexis Sanchez, Mau Beli Rumah Kayak Apa Ya?

Banyak orang yang mengeluhkan pendapatannya kecil, namun kalau dilihat justru pengaturannya yang tidak benar. Seberapapun gaji kamu, kalau nggak diatur ya susah juga. Apalagi kalau kamu ingin membeli rumah.

Kamu harus menyisihkan uang untuk down payment atau uang muka. Lantas kamu akan menyisihkan lagi untuk cicilan perbulan.

Baca juga: Milenial Berani Minta Kenaikan Gaji. Nah, Sudah Berani Investasi Properti Belum?

Pengaturan keuangan harus dilakukan agar pengeluaran tidak melebihi pemasukan. Pengaturan ini juga berguna untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

“Pemasukan berapa, pengeluaran berapa, berapa sisanya. Kalau sisa Rp1 juta atau Rp2 juta, paling nggak Rp12 juta hingga Rp24 juta setahun, 10 tahun, baru bisa dapat DP, padahal harga rumah terus naik,” ujar perencana keuangan atau financial planner Kaukabus Syarqiah CFP kepada Rumah123.

Baca juga: Milenial Pengen Punya Rumah Tapi Gaji Kurang? Side Job Bisa Jadi Solusi

Kalau kamu baru mulai bekerja dan mendapatkan gaji Rp5 juta, lakukan pengaturan keuangan. Berapa uang untuk pergi pulang kantor, makan siang di kantor, dan lainnya.

Seandainya kamu harus tinggal di rumah kos, kamu harus menyisihkannya. Kalau kamu tinggal bersama orang tua, kamu malah bisa menabung cukup banyak.

Baca juga: Ingat Lho, Cicilan Ga Boleh Lebih dari 35 Persen dari Gaji

Seperti dikatakan oleh Kaukabus, pendapatan harus ada sisanya apalagi kalau kamu masih lajang. Perkirakan berapa lama kamu harus menabung down payment membeli rumah atau apartemen.

Lantas perkirakan juga berapa jumlah yang harus disisihkan per bulan seandainya uang muka telah terbayar. Kalau kamu nggak mengatur keuangan, gimana mau beli rumah.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me