Hunian yang Anak Muda Banget

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Sejak dirilis akhir 2015, menara pertama Alexandria (6.420 m2/33 lantai) di kawasan hunian terpadu Silk Town (12 ha) Serpong Utara, Tangerang Selatan (Banten), sudah berhasil menjual hamper seluruh dari 869 unit huniannya. Pembelinya rata-rata kaum milenial dari kawasan Tangerang Raya, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan, yang umumnya membeli untuk dihuni sendiri. “Apartemen Silk Town jadi alternatif karena harga rumah tapak di berbagai kota baru di sekitarnya seperti Graha Raya, Bintaro Jaya dan Alam Sutera sudah selangit,” kata Shindu Wibisono, Manager Unit Condominium Silk Town kepada HousingEstate beberapa waktu lalu.

Lokasi: Apartemen Silk Town, Jl Bhayangkara, Paku Jaya, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten. Tipe: Dua kamar tidur (2KT) 46,41 m2 semigross tower Alexandria Desainer Interior: Internal Silk Town

Lokasi: Apartemen Silk Town, Jl Bhayangkara, Paku Jaya, Serpong Utara, Tangerang Selatan, Banten.
Tipe: Dua kamar tidur (2KT) 46,41 m2 semigross tower Alexandria
Desainer Interior: Internal Silk Town

Misalnya, di Graha Raya (350 hektar) rumah terkecil dua lantai seluas 45 m2 dibandrola Rp800 jutaan/unit. “Lokasinya di tanah sisa yang ada di klaster lama, sekitar empat kilometer dari bulevar kami,” jelasnya. Sementara di Silk Town tersedia tipe studio 25,42 m2 (semigross) dan satu kamar tidur (KT) 25,42 m2 selain tipe 2KT 40-an m2, dan lokasinya lebih dekat dengan Alam Sutera (700 ha), kota baru yang kelasnya lebih tinggi daripada Graha Raya. Lokasi apartemen mudah diakses dari gerbang tol Kunciran di Alam Sutera dan Jalan Raya Serpong selain dari Jl Graha Raya-Bintaro Jaya.

Harga unitnya saat ini Rp16 jutaan/m2 dibanding harga perdana yang Rp13 juta. Rencananya di Silk Town akan dikembangkan 14 menara apartemen dipadu dengan gedung perkantoran, shopping street dan supermarket. Saat ini pengembang fokus membangun menara pertama. Pengembang menyediakan unit contoh bergaya skandinavian untuk menggambarkan kualitas hunian di Silk Town.

Clean natural

Gaya skandinavian yang kini ngetren adalah gaya desain minimalis modern ala abad pertengahan (mid-centuries modern) atau modern retro. Ciri gaya ini simpel dan bersih (clean) dengan perabot ramping terbuat dari kayu atau kayu dikombinasi bahan lain, dengan warna cenderung netral atau mengikuti tekstur dan warna material aslinya (natural). Gaya desain yang berkembang tahun 50 sampai 70-an itu hits lagi karena ukuran hunian yang makin kompak (kecil), dan karena itu lebih cocok dengan desain yang modern fungsional. Kaum muda yang menjadi penghuni hunian kompak itu menyukai gaya skandinavian karena modern namun tetap bergaya. Mereka melihat aplikasi gaya desain itu pada resto-resto dan kafe tempat mereka ngeriung yang lebih dulu mengadopsinya. Pada unit contoh ini gaya desain itu terlihat pada pilihan perabot dari kayu bergaya simpel tanpa printilan yang ruwet, dan penggunaan warna-warna netral seperti putih, hijau tosca, biru muda, dan krem dengan aksen warna-warna segar seperti merah, oranye, hijau, ungu, dan kuning pada bantal, selimut, karpet, lukisan dan lain-lain. “Jadi, taste-nya anak muda banget, kalem tapi tetap cheerfull,” kata Taufan Ardi, desainer interior internal Silk Town. Dengan desain, pilihan warna dan perabot seperti itu, unit dua kamar dengan tinggi plafon 2,85 meter ini tetap terkesan lega.

Seperlunya dan Multifungsi 

Jendela dari kaca bening berukuran besar juga mendukung gaya skandinavian itu, karena memungkinkan cahaya alami leluasa masuk ke dalam ruang sebagai penerangan di siang hari. “Lampu hanya dinyalakan menjelang petang. Jadi, hemat energi,” kata Ardi. Sebagian besar dinding di ruang keluarga seluas 2,5 x 1,5 m2 dicat putih untuk membuat ruang terkesan luas. Sisi lain dinding dilapisi cermin yang membuatnya makin terasa lapang. Karpet lembut dengan diagonal pattern menutupi lantai berlapis granit warna krem ukuran 60 x 60. Sementara kursinya berupa sofa beige dua dudukan warna biru tua lengkap dengan selimut, cusions abu-abu, dan meja simpel dengan rangka baja warna hitam. Sofa memang paling core di hunian kompak karena multifungsi: bisa untuk santai, duduk, tidur, dan kerja. Perabotannya seperlunya saja, seperti ambalan coklat bertingkat untuk memajang TV, buku, dan aksesoris berupa pot mungil, bingkai foto, mainan dan lain-lain. Sementara nakas dengan motif serat kayu diletakkan di sudut ruang. Area ini terhubung dengan pantry minimalis berkonsep minibar menghadap ke jendela. “Sambil sarapan, penghuni bisa ngobrol dan memandang panorama Kota Tangerang Selatan,” ujar arsitek lulusan Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, itu.

interior anak muda 4

Menyatu 

Desain dapur mungilnya tampak selaras dengan kabinet berwarna putih. Permainan warna lain diterapkan pada peralatan dapur atau bagian tertentu dari kitchen set, termasuk backsplash (dinding di belakang) kompor dan sink yang dilapisi keramik bergaya mozaik dengan kombinasi warna coklat, krem putih dan biru. Dapur dirancang menyatu dengan meja makan dan ruang keluarga. Di sebelah kiri kabinet dapur diletakkan kulkas dilengkapi ambalan di atasnya untuk meletakkan rupa-rupa perkakas, buku, pajangan dan lain-lain.

interior anak muda 3

Efektif 

Kamar tidurnya dua: untuk anak (8 m2) dan kamar tidur utama (9,8 m2). Kayu dengan finishing natural mendominasi perabotnya yang simple ramping, juga pelapis dindingnya, dikombinasi warna putih mengilat di beberapa bagian. Khusus kamar anak sebagian dindingnya disaput warna hijau tosca agar terkesan lebih ceria. Beberapa titik indirect lamp yang ditempatkan di kepala ranjang dan plafon memberikan kesan hangat dan nyaman. Setiap kamar tidur dilengkapi nakas dengan aksesoris lampunya. Kursi putih dengan kaki-kaki langsing diletakkan di samping nakas dan meja belajar sebagai tempat duduk tambahan. “Perabot dan aksesorisnya harus efektif. Karena itu penting memilih yang fungsional tapi memberikan efek besar,” terang Ardi.

interior anak muda

Pernak-Pernik (Foto: gantungan baju, lampu, kotak aksesoris, nakas, meja)

pernak pernik

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com