Belanja Pinter Tanpa Otak Muter-Muter!

Big Banner

 

Foto: Rumah123/iStock

Gak ada yang ngelarang kamu belanja lho…. Orang hidup kan emang butuh belanja. Tapi, apa dan bagaimana belanjanya ya kudu dikuasai. Kalau gak, duit kamu bakal lenyap tanpa pamit saat kamu belanjakan. Tapi, kamu gak juga harus muter-muter otak supaya dapat belanjaan yang superhemat. Intinya, 5 kunci berikut ini benar-benar kamu terapin saat kamu belanja.

Nah, ini 5 kata kunci yang dikutip dari Only My Health:

Multifungsi

Saat kamu belanja baju, tas, aksesori, perabot, atau barang-barang apa pun jangan lupakan kata sakti yang satu ini: multifungsi. Semisal baju, pilih baju yang bisa kamu pake ke acara resmi tapi pada saat informal tinggal copot bagian luarnya aja. Intinya, itu baju bisa dipake gak hanya untuk satu kesempatan aja. Begitu juga dengan aksesori, beli yang bisa kamu pake untuk ke banyak acara.

Terapkan juga pada saat kamu beli perabot, beli yang multifungsi, semisal meja makan, cari yang bisa digunakan buat meja kerja ataupun belajar. Kalau diterapkan pada ruangan, ruang tamu sekaligus ruang keluarga, ruang makan sekaligus dapur, kamar tidur sekaligus kamar kerja.

Baca juga: Puasa Belanja Setahun Bisa Bikin Kamu Jujur pada Kebutuhan

Evaluasi

Kata yang satu ini bukan supaya kamu mikir panjang-panjang amat atau jadi njelimet. Ini cuma buat ngingetin diri kamu aja pada saat ingin beli sesuatu yang mendadak menggoda. Semisal, lagi window shopping eh ketemu baju kece dengan diskon 50 persen. Duh… rasanya gatel kan pengen beli. Tapi, tunggu dulu. Tanya ke diri sendiri, “Emang gue butuh itu baju buat waktu dekat ini? Kalau ga beli sekarang emang kenapa?”

Kalau kamu seorang penggila belanja, pertanyaan kayak gitu emang gak bakal mempan sih! Shopaholic memang bukan perilaku yang normal, kalau kamu pengidap kelainan ini ya apa boleh buat memang butuh terapi psikolog.

Baca juga: 5 Hal yang Bikin Kocek Milenial Ga Sehat

Timeless

Tren, mode, dan fashion memang gonta-ganti setiap saat. Bahkan, pergantiannya bisa begitu cepat seperti laju kereta. Tapi, kalau kamu gak mau ke bawa arus yang deras, gak perlu ikut yang mainstream. Pilih yang klasik untuk baju, sepatu, tas, atau barang kebutuhan apa pun. Selain masa pakainya bisa lebih lama, yang klasik gak terlalu menguras kocek kamu. Tinggal tambahin sentuhan aksesori yang kekinian, maka tampilan kamu tetep trendi kok!

Cermat  

Jangan bosan sama kata sakti yang satu ini. Terkait kata ini, sebelum kamu belanja ya bikin daftar belanja dulu. Tau maksudnya kan? Supaya kamu gak melenceng beli ina-itu saat belanja. Terutama saat belanja bulanan di supermarket atau di hypermart.

Udah gitu, waktu mau beli produk jangan lupa pelototin masa kedaluarsanya. Hal ini agar kamu gak buang-buang duit kalau ternyata barang itu udah gak bisa digunakan atau waktu gunanya sudah mepet.

Baca juga: 5 Saran Buat Si Tukang Jajan!

Cermati juga harganya. Kalau beda harganya lumayan ya cari aja di toko yang lebih murah. Selalu membanding-bandingkan harga bukanlah kelakuan hina, kalau kebiasaan dapat harga termurah kan banyak duit yang bisa kamu tabung buat beli rumah.

Diskon

Meski kudu berhati-hati dan waspada dengan kata sakti yang satu ini, tapi diskon bukanlah hal yang haram kamu lakukan. Cuma kamu harus benar-benar yakin kalau itu diskon beneran, bukan diskon-diskonan. Pasalnya, ada beberapa toko yang sengaja menaikkan harga terlebih dulu sebelum memberi diskon.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me