Di QBig Tokonya Serba Besar

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Bukan mal yang tampak gemerlap, tidak pula pusat perdagangan grosir yang ramai, QBig adalah kompleks ritel. Mulai dibuka sejak akhir 2016, kompleks seluas 17,5 hektar ini untuk melayani orang yang ingin berbelanja ritel furnitur dan perabot berkualitas, mencari bahan bangunan dan belanja harian rumah tangga.

QBig yang berlokasi di kawasan bisnis BSD City di Jl BSD Raya Utama, Tangerang (Banten), ini mengadopsi Megastore Big Box di Jurong East, Malaysia.  Konsep ini untuk pertama kali dibawa ke Indonesia dan diklaim terbesar saat ini.  Developer Sinarmas Land mengusung QBig untuk melengkapi fasilitas di BSD City setelah berdirinya AEON Mall dan sentra gaya hidup The Breeze.

Dari namanya, Q mengacu pada kata quality dan quantity dalam arti menawarkan kualitas yang tinggi dan kuantitas yang besar. Kalau mal biasa lazimnya diisi 1-2 penyewa utama (anchor tenant), di QBig semua toko berkonsep power center dengan ruang mencapai 5.000–10.000 m2 per toko.

Telah bergabung antara lain toko bahan bangunan serta hipermarket Mitra10, Informa, Ace Hardware, Fun & Fit, Lulu dan lain-lain. QBig ditargetkan menjadi destinasi belanja yang bias dikunjungi 25 ribu orang per hari.  “Orang ke sini sudah tahu ingin belanja apa, bukan tempat windows shopping,” kata Alphonzus Widjaja, Retail and Hospitality CEO QBig.

Karena itu tidak akan terlihat kerumunan orang terlalu banyak di luar toko. Selain karena tempatnya sangat luas sehingga tidak terlihat penuh, pengunjung juga diarahkan untuk langsung berbelanja. “Di luar kelihatan sepi karena pengunjung sebagian besar berada di dalam toko-toko,” ujar Eve Nurmalia Adam, Head of Promotion-Malls Sinar Mas Land.

Dari keseluruhan area seluas 17,5 hektar, yang disewakan (leasable area) hanya 70.000 m2. Selebihnya untuk fasilitas parkir 2.000 mobil dan 3.300 motor serta lansekap termasuk plaza terbuka di tengah. Konsep lain yang ditawarkan adalah pengalaman berbelanja yang berbeda dari tempat lain.

QBig di antaranya memberikan fasilitas mobil listrik buggy car berkapasitas 4-5 orang untuk mengantarkan pengunjung dari toko ke toko. “Menjual barang yang bagus dan pelayanan yang baik saja, tidak cukup sekarang.  Kita juga harus memberikan shopping experience,” kata Alphonz.

QBig menawarkan pilihan tempat belanja yang tersebar dalam beberapa zona terpisah namun saling terintegrasi. Anda bisa memilih zona perabot rumah tangga dan bahan bangunan di sisi selatan atau kebutuhan sehari-hari di sisi utara. Untuk keperluan hobi dan aktivitas seperti fitness center dan gym untuk anak-anak rada di sisi timur, sedangkan fashion di sisi barat.

Tak perlu khawatir tersesat, kompleks dirancang terbuka dan mudah dijelajahi karena hanya berupa bangunan satu lantai yang saling terhubung dengan satu pusat orientasi di tengah.

Giant Canopy

Salah satu kekuatan desain kompleks ritel ini yang membuatnya berbeda dengan mal atau pusat belanja lain adalah konsep giant canopy. Arsiteknya Broadway Malyan dari Singapura merancang kanopi-kanopi lebar setinggi gedung yang menaungi koridor di bawahnya. Seluruh kanopi diberi lis pinggir warna merah cerah sebagai ikon QBig.

qbig toko besar

“Waktu belum jadi orang sangka ini bangunan pom bensin besar karena melihat lis merahnya,” kata Alphonz sambil tertawa. Rancangan koridor-koridor lebar yang diteduhi kanopi di atasnya difungsikan untuk menyambungkan antar massa bangunan yang terpisah pada beberapa zona.

“Pengunjung diharapkan bisa jalan dari satu toko ke toko lain, nggak kepanasan atau kehujanan,” lanjutnya. Jika memakai mobil, tersedia jalur sirkulasi yang saling menyambung langsung ke area drop off di depan setiap toko. Selain koridor, seluruh toko dan tenant terhubung dengan kios makanan, kafe dan restoran serta beberapa food truck di bagian muka.

Alun-alun

Di tengah kompleks terdapat plaza terbuka berisi pelataran lebar, tempat-tempat duduk berundak berlapis rumput (green tiered seating) dan bangku-bangku beton melengkung yang berlapis dudukan dari kayu. Semuanya diselingi pohon-pohon hijau, kolam ikan koi dan air terjun kecil (watercascade).

Konsep ramah lingkungan

Konsep ramah lingkungan

Pengunjung bebas masuk dari sisi mana saja menuju plaza yang berada sedikit lebih rendah dari koridor. “Kita mengkonsepkan plaza ini seperti alun-alun kota, tempat berkumpulnya macam-macam orang dan beragam komunitas,” terangnya. Area tengah plaza bias dimanfaatkan pengunjung terutama anak-anak untuk aneka aktivitas mulai dari bermain skateboard, sepatu roda, bersepeda hingga main layangan.

“Area plaza bebas dimasuki siapa saja tanpa harus berbelanja. Tiap sore biasanya penuh, bahkan ada yang main layangan di sini,” ujar pria yang bergabung dengan SML sejak empat tahun lalu itu. Saat acara pembukaan area plaza dapat menampung 650 orang menari bersamaan.

Pusat Fashion Muslim

Zona kebutuhan sehari-hari meliputi hipermarket dan fashion berlokasi di sisi pintu masuk utara. QBig menggandeng hipermarket halal Lulu dari Abu Dhabi, UAE, yang menempati area seluas 12.000 m2. QBig juga menghadirkan area untuk fashion, antara lain Truly Premium Outlet dan Famogal.

qbig toko besar 7

Truly seluas 8.000 m2 menyediakan barang-barang bermerek untuk olah raga dan busana kasual dengan desain galeri bernuansa industrial dan pagar-pagar besi. Sementara Famogal (singkatan fashion moslem gallery) seluas 3.000 m2 khusus menawarkan koleksi fashion muslimah mulai dari baju, hijab, tas hingga aksesoris.

Sejumlah perancang busana muslim ternama dan desainer muda lokal seperti Irna La Perle, Aisyah Ali, House of Namanda dan lain-lain mengisi area ritel ini. Konsep tokonya dirancang bernuansa kayu yang hangat dan terlihat sangat modern.

“Ide awal kami tadinya menginginkan department store muslim yang komplet produknya, tidak cuma pakaian tapi belum ada yang siap,” ungkap Alphonz. Selain itu ada juga area pop-up market di zona yang sama untuk menarik kalangan muda dengan produk-produk kreatif.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com