3 Bulan Lagi Bunga KPR Naik! Beli Rumah Sekarang, It’s Now Or Never!

Big Banner
Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty

 

Menyesal itu emang selalu belakangan. Kalau sampe sekarang kamu belum juga beli rumah, ya harusnya sih menyesal. Apa pasal? Bank Indonesia (BI) sudah memberi pertanda bakal menaikkan suku bunga acuan atau 7 Day Repo Rate.

Seperti dikutip dari Kontan.co.id, Senin (14-5-2018), meskipun BI belum menyatakan berapa persis kenaikan suku bunga acuan, tapi diperkirakan kenaikannya bisa sampe 50 basis poin. Kabarnya kenaikan bunga juga akan diikuti bunga deposit facility dan bunga lending facility.

Baca juga: Gini Loh Cara Siasati Suku Bunga KPR yang Melonjak!

Meski suku bunga acuan belum ditetapkan, ban-bank sudah ancer-ancer akan menyesuaikan kenaikan suku bunga kreditnya. Maka, berakhirlah tren suku bunga kredit murah selama ini. Nah, kamu yang belum sempat beli rumah bisa gigit jari. Tapi, masih ada harapan nih kalau beli rumahnya sekarang. Pasalnya, menurut Direktur Bisnis Banking PT Bank CIMB Niaga Tbk, Frans Alimhamzah, bank tak serta-merta menaikkan bunga kredit. Penyesuaian bunga kredit minimal setelah tiga bulan.

Baca juga: Kalau Harga Rumah di Pusat Kota Naik 65 Persen dalam 5 Tahun, Ya Lirik Kawasan Pinggiran Dong

Pandangan tersebut sejalan dengan pendapat Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indoensia (BRI), Handayani, kalau suku bunga acuan naik bank memang akan menaikkan bunga secara bertahap. Namun, bank tak akan ekstrem menaikkan suku bunga karena bank juga perlu menjaga pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, di antara bunga kredit, yang paling cepat terpengaruh adalah bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) karena faktor persaingan.

Nah, buat kamu segeralah beli rumah sekarang, mumpung masih ada waktu tiga bulan ke depan, sebelum suku bunga KPR naik yang nantinya makin bikin harga rumah gak kejangkau.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me