Ekspresi Gaya Hidup Urban di One Belpark

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – One Belpark (OBP), mall yang baru berusia dua tahun di Jl RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan, ini mengombinasikan pusat belanja dan gaya hidup bertema urban street style.

one belpark front

Terinspirasi oleh semangat kebebasan dari anak muda urban dan gaya hidupnya, arsitektur One Belpark dirancang memenuhi kebutuhan anak muda dan komunitasnya untuk mengekspresikan diri dan menghargai keunikan masing-masing.

Airmas Asri (Jakarta), konsultan arsitektur yang ditunjuk mendesainnya, menghadirkan banyak area semi terbuka dan bentuk-bentuk ikonik pada bangunan. Berikut tempat-tempat favorit pengunjung yang menjadi daya tarik OBP.

one belpark atrium terbuka

Atrium Terbuka

OBP didesain semi terbuka sehingga pengunjung bebas mengalir keluar-masuk dari lobi menuju area atrium di lantai satu tanpa dibatasi pintu. Toko-toko dan restoran berjajar mengisi koridor melingkari atrium besar di tengahnya sebagai pusat orientasi.

Seluruh toko dan restoran dirancang terbuka menghadap ke atrium. Lantai hanya dilapisi beton yang dicat dengan dua kombinasi warna: abu-abu dan hitam, mengesankan gaya jalanan (urban street). Atap atrium setinggi lantai ketiga memakai bahan plastik warna putih susu yang menembuskan cahaya siang sangat terang tapi tidak membawa banyak panas.

one belpark rumah kaca

Rumah Kaca

Bagian bangunan yang terlihat menjorok ke depan ini berfungsi sebagai salah satu pintu masuk mall. Dirancang seperti sebuah rumah kaca dengan garis-garis kayu sebagai aksen pada tampak muka yang menyatu dengan teras depan dan taman. Di dalamnya terdapat area pameran dan travelator menuju lantai dasar.

“Di depan rumah kaca atau bagian dalam tempat travelator menjadi spot favorit pengunjung untuk foto-foto,” kata MY Yossie Salaki, General Manager One Belpark, proyek yang berada di bawah PT Cahaya Karya Makmur (Harmas Grup) ini. Area ini juga kerap disewa untuk lokasi pengambilan gambar video klip, film atau acara TV.

one belpark koridor narsis

Koridor Narsis

Untuk memanjakan pengunjung yang hobi swafoto (selfie), OBP menyediakan sudut-sudut khusus yang didekor cantik untuk menjadi latar belakang (background) foto. “Area koridor kita branding untuk photostyle dan cukup berhasil diminati,” kata Yossie. Di koridor menuju toilet di lantai dua misalnya, dindingnya dilukis bergaris hitam putih. Sementara di lantai satu dekat gerai Starbucks disediakan sudut kecil yang dihias mural tiga dimensi.

Membidik Komunitas

One Belpark terletak di dalam superblok Admiralty garapan PT Harmas Jalesveva (Harmas) seluas 18 hektar. OBP terletak paling depan berdampingan dengan townhouse berisi 126 unit rumah yang telah dihuni dan rencana pengembangan 11 menara bangunan yang difungsikan sebagai apartemen, hotel serta serviced residence yang saat ini sebagian sudah terbangun.

Mall direncanakan menempati lima lantai pertama dari keseluruhan 17 lantai gedung kantor yang menyatu di atasnya. Saat ini OBP baru membuka tiga lantai dengan penyewa utama antara lain Paper Clip, Farmers Market, Eat n Eat, XXI, Heritage, dan Gramedia Kids.

“Area yang disewakan seluas 24.000 m2 untuk mall saja,” ungkap Yossie yang sebelumnya berpengalaman mengelola Pasar Festival Kuningan (Jakarta Selatan), Mal Balekota di Kota Tangerang (Banten) dan Bekasi Square di Kota Bekasi (Jawa Barat), itu.

Mall diposisikan menyasar segmen pengunjung kelas B plus. Target pengunjung sebanyak 9.000 orang per hari dengan kapasitas parkir untuk 1.500 mobil dan 2.500 motor di dua lantai basement. Yossie mengakui, di Jakarta suplai mall dan pusat belanja sudah jenuh sehingga pengelola harus kreatif menarik pengunjung.

“Sekarang kita main ke komunitas. Kalau hanya mau menarik orang belanja, itu nggak sebanding dengan kita mendatangkan komunitas ke sini. Misalnya komunitas isinya bapak-bapak, pasti datang bawa istri dan anak-anaknya, jadi lebih ramai,” jelas putra mantan pesebak bola nasional Reny Salaki itu.

Setiap Sabtu-Minggu OBP mengundang komunitas untuk menggelar acara di atrium. Mulai dari klub skuter, mobil antik hingga bazaar JakCloth yang rutin dijadwalkan hadir di mall yang tidak begitu jauh dari jalur MRT Lebak Bulus-Bundaran HI-Kota-Ancol itu.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com