Penta Dinamika Properti Bangun Rumah Murah di Sukabumi

Big Banner

PT Penta Dinamika Properti mengembangkan dua perumahan murah yang bisa dibeli dengan menggunakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di Sukabumi, Jawa Barat yakni di kawasan Palasari-Parung Kuda dan Cikembar. “Kami ingin ikut berpartisipasi menyukseskan program sejuta rumah pemerintah melalui pembangunan perumahan sederhana subsidi FLPP bagi masyarakat berpendapatan rendah di Sukabumi. Sasaran utama adalah para pekerja industri atau pabrik,” ujar Soetomo, Direktur Utama PT Penta Dinamika Properti.

Lebih lanjut Soetomo mengatakan, “Kebutuhan rumah bagi para pekerja masih sangat besar. Rata-rata pekerja pabrik masih tinggal dengan cara sewa seharga Rp600 ribuan sebulan. Adanya rumah bagi para pekerja pabrik, akan membuka peluang jaminan pendidikan serta kesehatan bagi anak-anak mereka. Rumah merupakan kebutuhan dasar manusia dan hak asasi manusia. Rumah tempat memulai pendidikan anak-anak, juga dengan memiliki rumah maka kesehatan dan kesejahteraan keluarga lebih terjamin.”

Perumahan Penta Palasari Indah di Palasari-Parung Kuda akan dibangun di atas lahan seluas 3,1 hektar yang merangkum 249 unit rumah tipe luas bangunan 30 m2 dan 36 m2 dengan luas tanah 60 m2. Sedangkan di Desa Bojong Kembar, Cikembar, perumahan Penta Cikembar Asri akan dibangun di atas lahan 21 hektar yang berisi 1.600 unit rumah sederhana bersubsidi yang akan dibangun secara bertahap, tahap pertama 400 unit. Rumah di dua perumahan tersebut dijual seharga Rp130 juta.

Soetomo mengatakan, pemerintah daerah mendukung dengan memberikan perijinan yang dibutuhkan sehingga pembangunan dapat segera dimulai. ”Walaupun perumahan yang dibangun adalah perumahan sederhana, namun PT Penta Dinamika Properti tetap memperhatikan kelayakan dan kenyamanan dari segi lingkungan dengan sedapat mungkin mempertahankan sumber daya alam seperti mata air, dan tanaman produktif serta menyediakan area bagi pengembangan anak dan keluarga seperti taman bermain dan tempat ibadah. Saat ini telah ada 700 pekerja yang mendaftarkan diri untuk membeli.”

Camat Parung Kuda Aep Syaefullah mengatakan, di wilayahnya saat ini terdapat 24 industri atau pabrik yang memiliki ribuan pekerja. “Mereka kebanyakan masih mengontrak rumah. Jadi di sini potensi pasar untuk hunian bagi pekerja besar sekali dan belum bisa dipenuhi oleh pengembang yang ada. Jadi saya berharap PT Penta Dinamika Properti bisa terus membangun di wilayah Parung Kuda. Kami siap membantu dalam perijinan,” ujar Aep.

Dalam membangun perumahan di Sukabumi, PT Penta Dinamika Properti didukung oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan APPERSl (Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia). “Kegiatan PT Penta Dinamika Properti merupakan salah langkah pengentasan di bidang penyediaan rumah sehat yang terjangkau bagi para pekerja dan perlu di dukung sehingga pekerja pabrik di daerah Sukabumi dapat memiliki rumah sehat yang terjangkau oleh para pekerja,” kata Eddy Ganefo, Ketua Umum KADIN yang juga Ketua Dewan Pembina APPERSl.

Hal yang sama juga dikatakan Helson Siagian, Assisten Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Infrastruktur dan Investasi. “Program sejuta rumah harus didukung oleh semua pihak. Oleh karena itu saya mendukung Penta Dinamika Properti membangun rumah murah di Sukabumi karena ikut mengurangi backlog perumahan yang saat ini cukup besar. Pemerintah sendiri akan terus berupaya membuat terobosan-terobosan agar masyarakat semakin banyak yang bisa memiliki rumah.” YS

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me