Apa Rasanya Tinggal di Rumah 3D Hasil Cetak Robot Portable?

Big Banner
Rumah 3D Print yang Didesain oleh Arup & CLS Architetti (Rumah123/Dezeen)

Inilah rumah zaman now. Rumah yang dibangun dari material cetak 3 dimensi alias 3D print dan dibangun oleh robot portable.

Rumah ini memiliki luas 100 meter persegi. Waktu pengerjaan untuk mencetak dan memasangnya hanya perlu waktu satu minggu.

Baca juga: Ini Dia Solusi Rumah bagi Gelandangan New York, Bisa Dipakai di Jakarta Kali Ya

Hunian ini terdiri dari 35 modul. Rumah ini memperlihatkan bentuk dinding yang melengkung, ruang tamu, ruang tidur, dapur, dan kamar mandi,

Perusahaan rekayasa teknik Arup dan biro arsitektur CLS Architetti berkolaborasi membuat rumah 3D print. Arup merupakan perusahaan asal Inggris, sedangkan CLS Architetti adalah firma asal Italia.

Baca juga: Mainan Ini Bikin Anak Pengen Merancang Robot, Yuk Beli!

Sementara robot yang mengerjakan rumah ini didesain oleh Cybe Construction, sebuah perusahaan cetak tiga dimensi asal Belanda. Robot ini mengerjakan pembuatan dinding rumah.

Dalam membangun rumah ini, digunakan campuran semen khusus dan bahan lainnya untuk membentuk beton. Salah satu produsen semen terbesar di dunia, Italcementi membuat semua bahan tersebut.

Baca juga: Wow, Ini Dia Nih Kolong Jembatan Zaman Now

Campuran beton dikeluarkan dari bagian ujung robot seperti halnya mengeluarkan pasta gigi dari tempat penyimpanan. Arup mengklaim kalau semua bahan bisa dicetak hanya dalam waktu 48 jam atau 2 hari saja.

“Setiap bagian dari dinding hanya membutuhkan waktu satu jam untuk dibangun dan beton bisa mengering dalam waktu lima menti saja,” ujar CLS Architetti seperti dilansir oleh situs arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga: Ini Dia Rumah Masa Depan, Rumah dengan Cetakan 3D

“Ada kemungkinan kalau bisa memprogram robot untuk membuat bagian lebih besar atau lebih kecil atau mungkin bagian berbeda bentuk. Anda juga bisa mencetak furnitur,” lanjut CLS Architetti.

Rumah ini masih merupakan prototipe, namun kedua perusahaan terus mencoba mengembangkannya. CLS Architetti percaya kalau teknologi yang digunakan dapat membangun rumah secara cepat dan lebih murah.

Baca juga: Jembatan Cetakan 3 Dimensi Ini Bisa Menahan Beban 40 Truk, Masa Sih?

Hunian ini sempat dipamerkan Milan Design Week pada April 2018. Rumah ini juga pernah dipamerkan di kantor pusat Italcementi. Setiap bagian rumah diangkat dan dipindahkan secara terpisah dan kemudian dibangun ulang.

Rumah Ini Terdiri dari 35 Bagian Beton yang Dicetak (Rumah123/Dezeen)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me