Penyebab Sertifikat Unit Apartemen Kerap Lama Terbitnya

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Penerbitan sertifikat untuk unit apartemen atau sertifikat hak milik satuan rumah susun (SHMSRS) kerap lama. Unit apartemen yang telah diserahterimakan bahkan dihuni sekian tahun, banyak yang belum punya SHMSRS. Ini berlaku untuk hampir seluruh segmen apartemen mulai dari kelas bawah hingga premium dan kerap memicu konflik antara pengembang dan konsumen atau penghuni.

Ilustrasi : Apartemen di Jakarta | Foto : Dok. Majalah HousingEstate

Ilustrasi : Apartemen di Jakarta | Foto : Dok. Majalah HousingEstate

Ada beberapa faktor kenapa legalitas berupa SHMSRS itu belum juga terbit dan diterima pemilik unit apartemen. Menurut Toto Sasetyo, Direktur PT Pudjiadi Prestige Tbk, salah satu perusahaan pengembang di Jakarta yang banyak mengembangkan apartemen, memang kerap ada kendala dalam penerbitan SHMSRS walaupun dengan niat yang baik akhirnya tetap bias diselesaikan.

“Salah satunya, proyek properti yang dikembangkan bisa saja berskala luas, misalnya 10 hektar tapi baru dikembangkan tiga hektar. Yang seperti ini kadang memang belum bisa terbit (sertifikatnya) karena proyeknya memang belum selesai. Untuk bisa terbit SHMSRS-nya, status (proyek)-nya harus clear. Padahal, pengembangan proyek banyak kendalanya,” katanya kepada housing-estate.com usai seremoni penyerahan SHMSRS untuk unit apartemen Azalea Suites @Green Palace Cikarang, Bekasi (Jawa Barat), Rabu (16/5).

Masalah lain, bisa saja sertifikat tanah yang di atasnya dikembangkan apartemen digadaikan pengembangnya dan dananya diputar untuk bisnis yang kerap disebut “disekolahkan”. Akibatnya pengurusan penerbitan SHMSRS apartemen memang tidak bisa dilakukan. Kendala lain, pengembang memang tidak memiliki dana untuk mengurus penerbitan SHMSRS unit apartemennya.

“Jadi, semua tergantung pengembangnya. Rasanya kalau ada niat mengurus, mudah kok. Kami mengurus SHMSRS untuk proyek apartemen ini hanya 11 bulan. Sertifikat tanah di proyek juga pernah disekolahkan, tapi semuanya kami beresin begitu proyek kelar. Jadi legalitas untuk konsumen juga bisa cepat diurus,” jelas Toto.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me