Hingga 18 Mei 2018 Realisasi Program Sejuta Rumah 335 Ribu Unit

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

HousingEstate.com, Jakarta – Mengutip Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), hingga 18 Mei 2018 realisasi program sejuta rumah telah mencapai 335 ribu unit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Foto : dok. Majalah Housing Estate

Ilustarasi Foto : dok. Majalah Housing Estate

Menurut Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid, capain itu masih kurang dari target sebesar 400 ribu unit. “Ada kendala dari penyaluran fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) karena ada beberapa perubahan kebijakan terkait pengawasan kualitas bangunan, sehingga akad kredit KPR FLPP jadi tertunda. Sekarang sudah on the track, semoga ke depan capaiannya bisa meningkat,” katanya melalui siaran pers di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Khalawi tetap optimistis target satu juta rumah bisa tercapai hingga akhir 2018. Untuk mendorong peningkatan pencapaian target itu ia membentuk satuan tugas pemantauan dan pengawasan program satu juta rumah (P2PSR).

P2PSR diperlukan karena kemampuan pemerintah terkait pembiayaan untuk rumah murah yang berasal dari APBN hanya bisa untuk sekitar 30 persen dari target. P2PSR dibutuhkan untuk memastikan semuanya sesuai aturan dan diterima masyarakat yang berhak. Yang juga membuatnya tetap optimistis adalah data realisasi pembangunan rumah dari program itu yang selalu meningkat dari tahun ke tahun.

“Tahun 2015 (sejak akhir April) saat program pertama diluncurkan, total pembangunan rumah mencapai 699.770 unit. Tahun 2016 naik menjadi 805.169 unit dan tahun 2017 menjadi 904.758 unit. Makanya kita tetap optimistis tahun ini bisa membangun satu juta unit,” ujarnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me