Andra Matin Raih “Special Mention” di 2018 Venice Architecture Biennale.

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Indonesia kali ini boleh berbangga. Salah satu arsiteknya mendapat penghargaan khusus pada ajang pameran arsitektur dunia 2018 Venice Architecture Biennale (VAB). Arsitek tersebut adalah Andra Matin pada kategori “Special Mention”.

Elevation, karya Andra Matin. (Foto:Francesco Galli, VAB)

Elevation, karya Andra Matin. (Foto:Francesco Galli, VAB)

Pada ajang yang diselenggarakan di Venice, Italia, dan berlangsung dari 25 Mei hingga 25 November 2018 itu, Andra menampilkan instalasi arsitektur yang bertajuk Elevation, berupa struktur anyam yang di dalamnya berisi sejumlah bentuk atap tradisional Indonesia.

Dewan juri menyebut proyek Andra adalah instalasi sensitif namun berhasil menampilkan sebuah susunan yang merefleksikan materi dan struktur lokal tradisional.

Dewan juri 2018 VAB ini beranggotakan Frank Barkow, Sofia Von Ellrichshausen, Kate Goodwin, Patricia Patkau, dan Pier Paolo Tamburelli. Adapun pengumuman dibacakan oleh dua kuratornya Yvonne Farrell dan Shelley McNamara of Grafton Architects.

Selain Andra, pada kategori yang sama penghargaan juga diberikan kepada Rahul Mehrotra yang berbasis di Mumbai, India. Rahul membawa tiga proyeknya yang menampilkan keragaman masyarakat di India. Menurut dewan juri, Rahul mampu menampilkan kekariban dan empati yang membaurkan batasan sosial dan kasta.

Special Mention for Island diberikan kepada Inggris Raya, yang menempatkan sebidang pelataran dari Caruso St John di atas atap paviliunnya. Sebagai kritiknya atas masa depan negeri ini pasca Brexit dengan menciptakan sebuah ruang untuk melarikan diri dan pengasingan. Dewan juri mengatakan karya mereka cukup berani dalam menunjukkan tentang “kesunyian”, dengan menciptakan sebuah tempat yang justru bisa dimanfaatkan untuk acara-acara.

Perhelatan arsitektur internasional yang sudah 16 kali diadakan itu juga mengumumkan beberapa pemenang lain. Penghargaan paviliun terbaik atau the Golden Lion for Best National Participation diberikan kepada Swiss. Paviliun negeri salju ini menampilkan instalasi yang berisi kritik atas skala ruang domestik: diperkecil atau diperbesar. Bertajuk Svizzera 240: House Tour, paviliun ini mengajak pengunjung menyelami dunia liliput seperti di dongeng “Alice in Wonderland”.

Adapun peraih Golden Lion for the Best Project on Show diberikan kepada Eduardo Souto de Moura. Arsitek asal Portugal ini dinilai karena ketepatannya dalam memasangkan dua foto aerial, yang mengungkapkan hubungan yang paling mendasar antara arsitektur, waktu dan tempat. Dua foto itu menampilkan kondisi area São Lourenço do Barrocal estate di Alentejo, Portugal, dari kondisi ladang tua yang diubah menjadi hotel. Memperlihatkan bahwa hal kecil dapat memberi pengaruh besar pada lingkungannya.

Sementara peraih Silver Lion adalah arsitek Jan der Vylde, Inge Vinc dan Jo Taillieu, asal Belgia. Penghargaan ini diberikan kepada arsitek muda yang menjanjikan. Proyek yang ditampilkan adalah kelambatan dan hal menunggu, di mana diwujudkan dengan menyispkan struktur baru ke dalam sebuah gedung tua.

Golden Lion for Lifetime Achievement diberikan kepada Kenneth Frampton. Arsitek asal Inggris yang lebih berkecimpung dalam sejarah arsitektur ini dinilai memiliki kombinasi mumpuni atas pandangan dan kemampuannya dengan nalurinya yang unik terhadap integritas.

Pada ajang internasional ini paviliun Indonesia dikuratori oleh Ary Indrajanto, David Hutama Setiadi, Adwitya Dimas Satria, Ardy Hartono Kurnaiwan, Jonathan Aditya Gahari dan Johanes Aditya Gahari, dengan tema “Sunyata: The Poetics of Emptiness”.

Pada sambutan pembukaan pavilion, Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), mengatakan, bahwa kehadiran paviliun ini adalah “monumental milestone”, sebagai sebuah jawaban dari anak muda Indonesia yang mengenalkan keragaman dan kearifan lokal melalui ruang yang merupakan tempat bagi semua orang.

Sumber: Dezeen, Arch Daily & Bekraf

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me