Tol Salatiga-Kartasura, Pemalang-Batang, Pejagan-Pemalang Bisa Untuk Mudik

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) kembali merilis kesiapan jalan tol di ruas Pulau Jawa untuk digunakan pada musim mudik Lebaran tahun ini. Dirilis dari laman resmi Kemenpupera, Senin (28/5), beberapa ruas jalan tol di koridor paling timur Pulau Jawa disebut akan dioperasionalkan.

Jalan Tol  Trans Jawa

Jalan Tol Trans Jawa

“Jalan tol Salatiga-Kertasura sepanjang 20 km sudah berupa lapisan rigid pavement dan 10 km lean concrete dengan kualitas beton K-250, sehingga sangat layak digunakan untuk arus mudik. Seluruh pekerjaan konstruksi akan diselesaikan pada 2 Juni, selanjutnya rest area juga akan dibenahi khususnya untuk fasilitas toilet, musala dan parkir,” kata Menpupera Basuki Hadimuljono.

Prinsipnya, jalan tol ruas Salatiga-Kartasura bisa dilalui tanpa harus keluar tol namun saat ini masih ada jalur sepanjang 1,3 km yang masih berupa tanah dan ini akan segera dilapis dengan lean concrete setebal 10 cm. Jalan tol Salatiga-Kartasura merupakan seksi 3 dan 4 dari jalan tol Semarang-Solo yang terhubung juga dengan tol Solo-Ngawi. Tol terakhir ini juga akan dibuka secara fungsional selama arus mudik Lebaran.

Kemudian jalan tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 km juga bisa dilalui untuk arus mudik secara fungsional. Untuk seksi 1 Pemalang-Pekalongan sepanjang 17,5 km menjadi titik kritis karena kondisi tanahnya lunak dan tebal (soft soil). Di ruas ini digunakan sistem konstruksi dengan preloading dan vacuum untuk membuang kandungan airnya yang tinggi.

Nantinya sepanjang 13 km dari panjang 17,5 km di ruas ini sudah dilakukan pengaspalan namun sisanya masih berupa lean concrete. Targetnya pada H-10 Lebaran jalan tol ini sudah bisa dioperasionalkan. Jalur tol fungsional Pemalang-Batang belum memiliki pintu masuk maupun keluar sehingga akses in-out-nya hanya tersedia di Gandulan dan Batang.

Terakhir, Basuki juga menyebut jalan tol seksi 3 dan 4 Pejagan-Pemalang sepanjang 37,3 km dari Brebes Timur hingga Pemalang dalam kondisi baik untuk dilalui. Ruas ini juga sifatnya masih fungsional yang dibuka khusus untuk arus mudik Lebaran sehingga belum dikenakan tarif tol (gratis).

Dengan dibukanya ruas jalan tol Brebes Timur-Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang tidak perlu lagi keluar di pintu tol Brebes Timur, tapi bisa langsung meneruskan ke ruas jalan tol Pemalang-Batang hingga Semarang sepanjang 114,2 km yang juga akan dibuka fungsional.

“Kami memastikan seluruh kondisi jalan ini mantap dan bisa dilalui pengendara. Terkait pemasangan rambu, penerangan, maupun trafiknya kita bekerja sama dengan pengelola jalan tol dan Kementerian Perhubungan. Kami pastikan seluruh sarana-prasarana bisa digunakan H-10 atau mulai tanggal 9 Juni saat dimulainya libur Lebaran,” jelas Basuki.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me