Wah, Silau Banget Sih!

Big Banner
Sekolah yang Didesain oleh Biro Arsitek Brooks + Scarpa (Rumah123/Dezeen)

Seluruh fasad bangunan ini ditutupi oleh panel aluminium. Warnanya juga kinclong dan ngejreng banget kan? Semuanya berwarna kuning!

Kamu bakal menyangka bangunan ini apa museum, galeri, showroom, co-working space, atau mungkin restoran? Pasti banyak yang tidak mengira kalau bangunan ini adalah sekolah.

Baca juga: Sekolah untuk Murid Jaman Now Ini Dirancang Anti Teroris Lho!

Biro arsitek asal Amerika Serikat, Brooks + Scarpa membangun ulang sebuah sekolah menengah di Los Angeles, negara bagian California, Amerika Serikat. Firma ini didirikan oleh Angela Brooks dan Lawrence Scarpa.

Sebelumnya, sekolah ini terbakar pada 2014. Sebagian besar sekolah hancur. Brooks + Scarpa mendesain sekolah ini dengan dana sangat terbatas.

Baca juga: Sekolah Ini Bikin Kids Jaman Now Gemar Bereksplorasi, Penasaran?

Lokasi sekolah ini berada di Westmont-West Athens, sebuah kawasan dengan tingkat kejahatan tertinggi di Los Angeles. Arsitek merancang bangunan dengan desain terbuka namun aman secara keseluruhan.

“Perumahan yang layak dan perpindahan sekolah menjadi masalah di kawasan ini sejak awal 1960-an, di mana rata-rata pendapatan kurang dari USD 35.000 (Rp485 juta) per tahun dan 25% populasi tinggal di bawah garis kemiskinan. Kawasan ini merupakan area penuh masalah pada 1964 dan juga kasus kerusuhan Rodney King pada 1992,” ujar Brooks + Scarpa kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga: Rumah Dekat Sekolah Keren, Bikin Harga Jual Tinggi, Lho!

Ketimbang membangun pembatas atau pagar, Brooks + Scarpa membangun dinding dari metal di sekeliling sekolah. Dinding ini anti peluru lho.

Brooks + Scarpa memilih fasad seperti ini untuk memberikan rasa aman dan privacy. Namun, sinar matahari dan angin bisa masuk dengan mudah. Warna cerah dipilih untuk memberikan kesan transparan dan memberikan kesan terang pada komunitas yang keras.

Baca juga: Penembakan Massal di Sekolah Terjadi Lagi, Kamu Masih Mau Sekolah di Amerika?

Sekolah ini memiliki luas 1.672 meter persegi. Bangunan tiga lantai ini dapat menampung 630 siswa. Sekolah ini memiliki ruang belajar, ruang guru, kantor, dan kamar kecil.

Unik juga ya desain eksterior dan interior sekolah ini. Padahal sekolah ini berada di kawasan kumuh ya. Kalau di Indonesia, sepertinya desain sekolah apalagi sekolah negeri tipikal banget ya.

Baca juga: Sekolah yang Asyik Tuh Kayak Begini

Sekolah yang Didesain oleh Brooks + Scarpa Ini Berada di Kawasan dengan Tingkat Kejatan Tinggi di Los Angeles (Ruma123/Dezeen)
Seluruh Fasad Sekolah Ini Mengaplikasikan Warna Kuning (Rumah123/Dezeen)
Sekolah Ini Memilik Ruang Belajar, Kantor, Ruang Guru, dan Kamar Kecil (Rumah123/Dezeen)

Lokasi Sekolah Ini Berada di Kawasan dengan Tingkat Kejahatan Tertinggi (Rumah123.Deseen)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me