REI: Program Rumah Murah di Indonesia Diminati Negara Lain

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah meluncurkan program pembangunan sejuta rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sejak akhir April 2015. Untuk program ini pemerintah memberikan aneka kemudahan seperti pembebasan uang muka dan PPN, pemberian subsidi bunga kredit pemilikan rumah selama masa (tenor) kredit dan tenor kredit yang bias sampai 20 tahun. Sementara pembangunan rumahnya sendiri tetap dikerjakan perusahaan developer yang hamper seluruhnya pengembang swasta.

Ketua Umum REI Soelaeman Soemawinata

Ketua Umum REI Soelaeman Soemawinata

Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Soelaeman “Eman” Soemawinata, program pembangunan rumah murah itu diminati negara lain. “Saya mendapatkan banyak permintaan dari berbagai negara untuk memaparkan bagaimana role model penyediaan affordable housing itu di Indonesia,” katanya melalui siaran pers di Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Di antara negara itu ia menyebut Hawai dan Taiwan sebagai contoh yang menyatakan ingin belajar banyak dari Indonesia soal program affordable housing itu. Permintaan itu disampaikan kepada Eman sebagai Presiden FIABCI (Federasi Real Estat Dunia) untuk kawasan Asia Pasifik. Dari 68 negara anggota FIABCI, eksekutif PT Alam Sutera Realty Tbk ini menyebut, hanya Indonesia yang negara dan pemerintahannya membuat konsep rumah murah dengan melibatkan penuh peran swasta.

Karena itu tema rumah murah atau affordable housing itu akan dibawa Eman dalam kongres FIABCI di Denpasar, Bali, akhir tahun ini selain tema pengembangan pariwisata yang berkelanjutan (sustainable tourism).

“Selama ini global business summit yang diselenggarakan FIABCI hanya di benua Eropa. Tentu kita senang dan bangga karena ajang ini diharapkan bisa menggelorakan penyediaan hunian layak bagi MBR menjadi lebih global. Jadi, rumah dan pariwisata akan menjadi penyumbang devisa negara terbesar setelah kelapa sawit (CPO). Karena itu sudah saatnya sektor ini dikelola dengan serius,” kata Eman.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me