2019, Kamu Bisa Tinggal di Rumah 3D Print

Big Banner
Rumah 3D Print yang Akan Dibangun oleh Eindhoven University of Technology (Rumah123/Dezeen)

Pusing belum punya rumah? Atau kamu mau up-grade hunian dari apartemen ke rumah tapak? Tenang aja, tahun depan kamu bisa punya pilihan rumah yang nggak biasa.

Eindhoven University of Technology mengumumkan rencana membuat rumah 3D print atau rumah dari cetakan tiga dimensi. Materialnya terbuat dari beton.

Baca juga: Hutan Rahasia Tersembunyi di Antara Bangunan Beton

Rumah pertama akan diselesaikan pada 2019. Rumah ini hanya memiliki satu lantai dan mempunyai tiga kamar tidur.

Setelah itu, Eindhoven University of Technology akan membangun rumah bertingkat. Semua rumah ini akan berlokasi di Meerhoven, sebuah kawasan di luar kota Eindhoven, Belanda. Area ini tidak jauh dari bandara Eindhoven.

Baca juga: Ini Dia Rumah Masa Depan, Rumah dengan Cetakan 3D

“Desain rumah-rumah ini didasarkan pada blok tidak beraturan pada lanskap hijau,” ujar Eindhoven University of Technology kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

“Bentuk tidak beraturan ini bisa diwujudkan karena salah satunya fitur kunci dari cetak tiga dimensi yaitu kemampuan untuk membangun dalam beragam bentuk apa pun,” lanjutnya.

Baca juga: Apa Rasanya Tinggal di Rumah 3D Hasil Cetak Robot Portable?

Eindhoven University of Technology bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk membuat rumah cetakan tiga dimensi. Pihak yang digandeng adalah pemerintah kota Eindhoven, kontraktor, perusahaan pengembang, produsen material, dan perusahaan rekayasa teknik.

Rencananya, Eindhoven University of Technology akan membuat rumah ini satu persatu. Selanjutnya, mereka bisa mempelajari kekurangan dalam membangun.

Baca juga: Jembatan Cetakan 3 Dimensi Ini Bisa Menahan Beban 40 Truk, Masa Sih?

Sejumlah pihak sudah mulai mengembangkan teknologi rumah cetakan tiga dimensi yang dinilai lebih murah. Di Belanda sendiri sudah ada jembatan cetakan tiga dimensi yang kuat menahan beban hingga puluhan truk.

Nah, mulai dari sekarang kumpulkan duit deh. Siapa tahu tahun depan kamu bisa memesan rumah cetakan tiga dimensi.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me