Gak Biasa Cuci Mobil Sendiri, Gimana Kalau Terpaksa?

Big Banner

 

Foto: Rumah123/Getty

 

Kalau kamu biasa cuci mobil di tempat servis pencucian ya emang enak. Tinggal bawa aja mobil ke sana, sekeluar dari sana kinclong deh mobil kamu itu. Tapi, gimana kalau lagi musim mudik gini, kebanyakan tempat servis emang pada tutup karena pegawainya pada mudik. Nunggu aja sampe pada buka? Wah, lama dong! Lagian setelah menempuh perjalanan mudik yang berjam-jam, kondisi mobilmu pasti kotor dan penuh debu. Belum lagi bekas-bekas camilan yang berserakan di dalamnya. Gak tahan kan ngeliatnya?

Gimana kalau kamu coba mencuci moilmu sendiri di rumah. Agar body mobil gak sampe lecet, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

Pertama, jangan mencuci di tempat yang terik matahari. Mengapa? Karena akan membuat sabun cepat kering dan meninggalkan noda bekas sabun. Selain itu, kalau ada kotoran atau debu yang menempel lagi, tampak seperti cat baret saat digosok.

Baca juga: Ajak Dong Anggota Keluarga Bersih-bersih Rumah

Kedua, jangan menyemprot mobil dengan air bertekanan besar. Semprotkan saja dengan tekanan air yang biasa agar kotoran lebih mudah lepas. Dengan begitu, kamu juga bisa sekaligus menghemat air.

Ketiga, pilihlah sampo mobil yang mengandung sedikit silikon. Ini juga penting karena sampo yang mengandung banyak kandungan silikon hanya akan membuat cat semakin cepat pudar. Lalu, bilas kembali mobil dengan air hingga samponya hilang.

Keempat, setelah proses mencuci mobil rampung, segera keringkan dengan lap Kanebo. Langkah ini bikin mobil cepat kering dan tidak meninggalkan bekas pada catnya.

Saat melap permukaan mobil dengan lap tersebut, usahakan melakukannya dengan gerakan satu arah. Ini berguna untuk mencegah lecet lapisan cat mobil dan kotoran gak akan nempel lagi pada permukaan cat.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me