Ga Usah Panik Kalau ART Mudik

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/Apartment Therapy)

Hari Raya Idul Fitri biasanya menjadi momen paling memusingkan bagi ibu rumah tangga, tidak peduli apakah kamu full time mom atau working mom. Asisten rumah tangga atau ART biasanya akan mudik ke kampung halaman.

ART memudahkan pekerjaan rumah tangga sehari-hari seperti menyapu, mengepel, mencuci baju, setrika pakaian, memasak, dan masih banyak lagi. Kalau mereka mudik, bagaimana dong?

Baca juga: Membersihkan Rumah Jadi Family Time? Bisa Aja Kok!

Siapa yang harus melakukan pekerjaan rumah seperti ini? Buat kamu yang memiliki bayi atau balita, ART mudik bakal seperti kiamat. Lebay dikit ya.

Sebenarnya kamu tidak perlu panik kalau ART mudik, sebaliknya kamu malah tidak mudik. Kamu bisa melakukan pekerjaan rumah sendiri.

Baca juga: Bersih-bersih Rumah untuk Isi Liburan? Wah, Seru Banget!

Pertama, melibatkan pasangan. Kalau kamu dan pasangan sama-sama bekerja, maka kamu libur Lebaran kan? Saatnya untuk melakukan pekerjaan rumah bersama pasangan.

Sebenarnya, pekerjaan rumah tidak berat kalau dilakukan bersama. Kalau anak-anak masih bayi atau balita, mungkin kamu bisa memasak dan mengurus anak. Sementara pasangan bisa menyapu, mengepel, hingga mencuci baju. Jika kamu punya dana lebih, kamu bisa memanfaatkan ART atau baby sitter pengganti atau mungkin memakai jasa pembersih rumah yang semakin banyak saat ini.

Baca juga: Mau Punya Anak yang Sukses? Suruh Mereka Ikut Membersihkan Rumah

Kedua, melibatkan anak-anak. Jika anak-anak sudah beranjak besar atau malah remaja, kamu dapat melibatkan mereka untuk membersihkan rumah.

Anak yang masih berusia antara 7-10 tahun dapat diminta untuk merapikan mainannya sendiri, merapikan kamar, menyapu lantai, dan beberapa pekerjaan kecil lainnya. Jika sudah besar, kamu dapat meminta mereka membantu untuk mencuci piring, mencuci pakaian, dan lainnya. Saatnya untuk mengajarkan tanggung jawab kepada anak.

Baca juga: Gimana Rumah Mau Bersih Kalau Lap Ga Diganti?

Ketiga, meminta bantuan orang tua atau mertua. Ada yang beruntung kalau memiliki orang tua dan mertua yang tinggal berdekatan.

Kamu dan pasangan bisa meminta bantuan dengan menitipkan anak yang masih balita di rumah mereka. Kakek nenek mana sih yang tidak senang kalau rumah mereka ramai oleh polah tingkah cucu-cucu.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me