Ah! Udah Gak Zaman Punya Rumah Gede!

Big Banner

 

Foto: Rumah123/Getty

 

Pengen punya rumah, tapi yang gede! Wah, kalau kamu pengennya kayak gitu atau berpikiran seperti itu, alamat kamu gak bakal juga punya rumah. Pasalnya, rumah gede itu gak efisien. Udahlah menguras kocek karena harganya mahal, merawatnya pun butuh tenaga dan duit ekstra.

Padahal, harga properti dari waktu ke waktu semakin meningkat. Begitu pula dengan harga material bangunan. Meningkatnya biaya pembangunan rumah dari waktu ke waktu, mendorong tren rumah idaman tuh yang minimalis, terutama di daerah perkotaan yang harga lahannya selangit.

Baca juga: Punya Rumah Minimalis Banyak Untungnya Loh…

Apa aja sih yang perlu kamu perhatikan untuk mewujudkan rumah kecil?

Ke-1, mengakomodasi kebutuhan para penghuni. Dari segi biaya pembangunannya, rumah idaman yang minimalis bisa dibangun dengan biaya yang relatif lebih murah. Meski begitu, tetap sesuaikan dengan kebutuhan para penghuni rumah.

Ke-2, konsep rumah adalah minimalis. Sebelum membangun rumah (kalau kamu membangun sendiri), buatlah terlebih dulu rencana pembangunannya. Saat membagun, sesuaikan dengan denah lahan yang ada dan dana yang kamu miliki.

Ke-3, konsep interior rumah. Ini akan berimbas pada furnitur yang akan kamu pilih untuk rumah mungil kamu. Perhatikan fungsi dan ukuran furnitur, sehingga pas saat diletakkan di rumah mungilmu. Yang perlu kamu pilih adalah perabot rumah yang efisien dan fungsional. Efisiensi ruangan dan efektivitas penggunaan berbagai perabot rumah merupakan kunci utama interior rumah mungilmu.

Pemilihan warna cat juga penting karena akan berpengaruh pada kenyamanan rumah kecil. Agar tetap terkesan nyaman dan lega, gunakan warna cat dan interior yang netral, serta tidak mencolok. Beberapa warna yang direkomendasikan, yakni putih, krem, abu-abu.

Baca juga: 4 Langkah Semarakkan Taman Rumah Minimalis, Mau Tiru?

Ke-4, bikin taman. Kalau ada sisa lahan sekecil apa pun di sekeliling rumah, bikin taman agar rumah terkesan asri. Kalau gak ada lahan tersisa, manfaatkan tanaman-tanaman dalam pot-pot yang cantik.

Ke-5, sirkulasi udara. Maksimalkan ventilasi udara agar udara yang ada di dalam rumah mengalir secara optimal.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me