Dapat Anggaran Rp107 Triliun, Ini Rencana Kemenpupera Tahun 2019

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) tergolong kementerian yang mendapat anggaran paling besar untuk membangun infrastruktur dan sarana lainnya. Dari pagu kebutuhan anggaran sebesar Rp138,3 triliun yang disetujui Rp102,01 triliun ditambah alokasi anggaran dengan skema availability payment (AP) sebesar Rp5,1 triliun.

“Ini tanggung jawab besar dan saya tidak mau main-main untuk mengejar target pembangunan infrastruktur yang sudah direncanakan sejak tahun 2015. Proyek yang sudah dikerjakan tidak boleh ada yang berhenti dan anggaran belanja besar ini harus dioptimalkan,” ujar Menpupera Basuki Hadimuljono dalam siaran pers yang diterbitkan di Jakarta, Sabtu (9/6).

Basuki merinci, untuk pengerjaan proyek tahun 2019 alokasinya antara lain untuk sumber daya air (SDA) sebesar Rp38,9 triliun, Bina Marga Rp39,2 triliun, Cipta Karya Rp13,4 triliun, dan penyediaan perumahan Rp7,8 triliun. Fokus pekerjaannya untuk meningkatkan kegiatan infrastruktur berbasis masyarakat atau padat karya.

Proyek padat karya antara lain pembangunan irigasi kecil, pengembangan air minum dan sanitasi, pembangunan pos lintas batas negara, penataan kawasan strategis pariwisata nasional, dan sebagainya. Kemudian kegiatan preservasi jalan lintas timur, barat, dan tengah Sumatera, peningkatan dan preservasi jalan Trans Papua dan Kalimantan, hingga penggantian jembatan pada lintas jalur utama.

Proyek lainnya pembangunan bendungan baru, penyelesaian pembangunan bendungan lanjutan dan irigasi, pengembangan air baku, pengendalian banjir dan pengamanan pantai, dan pengendalian lumpur Sidoarjo.

“Akan dilakukan juga pelaksanaan sertifikasi tenaga kerja konstruksi dan komite keselamatan koinstruksi. Ada juga dukungan untuk strategi pengembangan infrastruktur kota baru dan pengembangan kawasan khusus. Sambil jalan tentunya akan ada usulan-usulan lain yang akan kita kerjakan,” beber Basuki.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me