Rumah Beton Hasil 3D-Printed Pertama di Dunia Segera Terwujud

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Meski sudah dinilai berhasil tapi membangun rumah dengan teknologi cetak beton tiga dimensi (three dimension concrete printed) atau 3D masih terus diujicoba. Yang sudah berhasil ditunjukkan adalah rumah satuan dan baru bisa satu lantai. Nah, terakhir yang siap dikembangkan adalah membangun perumahan dengan metoda tersebut. Bukan hanya satu gedung melainkan lima unit rumah.

rumah beton 3d printed

Adalah Eindhoven University of Technology (EUT), yang siap melakukannya. Bagi EUT, ini adalah proyek lanjutan. Sebelumnya tahun 2017  kampus itu sudah pernah membangun jembatan dengan teknologi 3D-printed concrete ini di Amsterdam.

Rumah pertama hanya satu lantai, terdiri atas tiga ruang, berukuran 95 m2. Empat rumah berikutnya beragam ketinggiannya. Yang tertinggi bertingkat empat dan punya kamar lebih banyak. Tidak seperti rumah biasa yang persegi empat, rumah cetakan ini punya bentuk tak beraturan (irregular) dan disusun dalam pola acak di hamparan area hijau.

Proses membangunnya dibuat bertahap. Dimaksudkan agar proses pembangunan pada unit pertama bisa sebagai wadah penelitian dan inovasi untuk diterapkan pada unit berikutnya.  Semua elemen di rumah perdana akan dicetak di kampus EUT, namun secara bertahap proses cetak akan dipindahkan ke lokasi pembangunan.

Pembangunan perumahan diharapkan bisa menjadi gambaran bahwa 3D-printed concrete akan memberi dampak baik pada industri konstruksi. Pasalnya teknologi ini memungkinkan membuat aneka bentuk, pun kualitas dan warna dari setiap elemen bangunan. Selain itu teknologi itu juga diyakini membantu mengurangi dampak buruk pembangunan fisik terhadap lingkungan hidup seperti pengurangan penggunaan material semen.

Pembangunannya akan dimulai tahun ini tapi belum dinyatakan kapan waktu tepatnya. Yang jelas rumah pertama diharapkan sudah bisa dihuni pada tengah tahun depan. Jika sudah rampung, sebuah perusahaan pengembang real estat sudah siap membeli kelima unit rumah tersebut. Adapun pihak yang terlibat dalam pembangunan adalah pemerintah kota Eindhoven, kontraktor Van Wijnen, real estate manager Vesteda, perusahaan materials Saint Gobain-Weber Beamix dan biro teknik Witteveen+Bos.

Sumber: archdaily

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me