7 Tips Silaturahim Lebaran di Kebun

Big Banner

 

Foto: Rumah123/Getty

  

Kalau rumahmu punya halaman belakang atau kebun, kenapa gak manfaatkan aja buat acara silaturahim Lebaran? Ketimbang pusing-pusing cari tempat di hotel atau di tempat wisata, pesta di teras atau di kebun sendiri pastinya berkesan dan lebih akrab.

Kalau acara silaturahimnya sampe malam atau memang sengaja dilaksanakan malam, suasananya akan lebih seru dibanding kamu bikin di dalam ruangan. Apalagi pas acara memang sedang terang bulan dan bintang bersinar cemerlang, sangat indah.

Baca juga: Udahlah Rumah Kecil Eh Tamu Lebaran Banyak, Gimana Coba?

Apa aja sih yang harus dipersiapkan agar silaturahim dalam suasana outdoor berjalan lancar?

Ke-1, bikin daftar tamu yang kamu perkirakan akan datang. Sesuaikan jumlah tamu yang akan datang dengan luas kebun yang kamu miliki. Biar tambah seru, kamu bisa menghias teras rumah dan pintu masuk dengan dekorasi menarik. Pastikan juga hiasannya sesuai dengan tema Lebaran.

Ke-2, acara silaturahim di kebun itu kan bersifat outdoor ya, jadi sangat bergantung pada cuaca. Untuk mengantisipasi hujan yang datang tiba-tiba, jangan lupa kamu pasang tenda pada area yang rawan. Tempat masak, lokasi sound system, dan area duduk, perlu kamu lengkapi dengan tenda agar acara silaturahim bisa terus berlanjut meski turu hujan.

Baca juga: Saat Lebaran, Rumah pun Gak Mau Ketinggalan Berdandan!

Ke-3, bersihkan halaman rumahmu sebelum acara silaturahim dimulai. Mungkin dengan cara merapikan rumput dengan mesin pemotong rumput atau gunting manual. Daun-daun kering juga perlu disingkirkan. Pastikan tidak ada serangga atau hewan menggigit di sekitar halamanmu dengan menyemprotkan pembasmi hama.

K-4. buat sesuatu yang unik pada pintu masuk menuju kebun atau halaman rumahmu agar acara silaturahim menjadi penuh kesan.

Baca juga: 6 Tips Menyambut Tamu Lebaran di Rumah Biar Gak Malu-Maluin

Ke-5, dekorasi kebunmu dengan tema yang sesuai Lebaran. Pilihan warna penting agar suasana silaturahimmu semakin menarik. Jika kamu mengadakan pesta saat malam, ada baiknya kamu sediakan lilin-lilin atau obor yang ditata di sekeliling halaman. Penambahan pot bunga hias juga bisa menambah nilai. Letakkan pada spot-spot tertentu.

Ke-6, gunakan meja panjang pada acara silaturahim kamu. Kamu bisa gunakan sistem prasmanan atau dihidangkan. Jenis tempat duduk juga perlu kamu perhatikan, kamu bisa gunakan kursi panjang atau kursi lipat.

Ke-7, jangan lupa bikin beberapa hiburan, semisal karaoke atau games agar para tamu yang hadir tidak merasa jenuh.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me