Jangan Lelah Ngakalin Rumah Kecilmu Jadi Lapang!

Big Banner
Foto: Rumah123/Getty

  

Rumah kecil itu bukan masalah lho selama kamu punya akal panjang dan gak pernah capek menyiasatinya agar terasa lapang. Gak percaya? Mari kita tengok apa aja di dalam rumah kecilmu yang bisa kamu maksimalkan jadi lapang:

Umpetin Baju Kotor

Kenapa baju kotor mesti disembunyikan? Karena biasanya berserakan dan bikin sumpek pemandangan. Umpetin aja tempat baju kotor di dalam lemari. Tapi, bukan buat dilupakan lho, ya tetap harus kamu cuci. Namun, gak menampakkannya dalam ruangan rumahmu akan bikin ruangan rumah tampak rapi dan lapang.

Sembunyikan Stop Kontak

Menyembunyikan stop kontak sehingga gak terlihat bisa jadi pilihan cara untuk menjadikan dinding rumahmu lapang. Selain itu, cuma pemilik rumah aja yang tau kalau ingin menggunakan colokan untuk laptop, telepon genggam, dan alat-alat elektronik lainnya. Jadi, lebih aman kan?

Baca juga: Abrakadabra! Kamar Mandi Sempit Jadi Lega!

Pilih Ranjang yang Tinggi

Ranjang atau tempat tidur yang tinggi akan menyisakan kolong (ruang), sehingga kamu atau anggota keluarga bisa menaruh buku, boneka, atau barang-barang pribadi yang lainnya di bagian tersebut.

Pilih Rak Gantung

Rak gantung apakah yang kamu bikin sendiri atau beli yang udah jadi, bisa melapangkan ruang rumah. Kamu bisa mendekorasi ruang semisal menempatkan pajangan-pajangan di rak gantung tersebut. Pasang dua atau tiga rak gantung di ruang agar kamu bisa menempatkan pajangan, buku, atau tempat kunci.

Manfaatkan Ruang Bawah Tangga 

Bagian pada bawah tangga di rumah, bisa dimanfaatkan untuk hal lain secara maksimal. Daripada membiarkannya kosong, bagian ini cukup layak untuk dijadikan tempat penyimpanan barang. Tangga rumah dekat pintu masuk, misalnya. Kamu bisa menyulapnya sebagai ruangan untuk menyimpan jaket, payung, dan sepatu.

Kamu juga bisa menggunakan area di bawah tangga sebagai lemari bahan makanan. Tentu saja tempat ini untuk bahan makanan kering atau berbagai perlengkapan masak.

Baca juga: Ini 3 Cara Bikin Ruangan Sempit Jadi Legaaa…

Membuat rak buku dan menyulapnya menjadi perpustakaan mungil juga merupakan ide yang menarik untuk ruang di bawah tangga. Untuk melengkapinya, kamu tinggal tambahkan sebuah meja kecil dan kursi baca.

Ide lainnya yaitu kamu bisa memanfaatkan area tersebut sebagai toilet. Sebaiknya pastikan bahwa toilet tersebut hanya bersifat cadangan yang tak berfungsi penuh. Kamu cukup menyediakan kloset dan wastafel di dalamnya.

Longgarkan Lemari

Pernah gak kamu buka lemari pakaian lantas menyadari bahwa isinya sudah sesak? Terlebih jika lemarimu jenis berukuran minimalis. Menyingkirkan lalu menyumbangkan isi lemari yang sudah jadul atau tak dipakai lagi mungkin bisa jadi alternatif untuk melonggarkan isi lemarimu.

Baca juga: Cara Gampang Bikin Lemari Baju Gak Sesak ‘Napas’

Meskipun lemari pakianmu minimalis alias gak gede, tapi sebenarnya bisa kok gak sumpek. Caranya, kenali karakteristik koleksi pakaianmu. Ini akan bantu kamu menentukan bagaimana organisasi ruang dalam lemari. Katakanlah, kalau kamu punya lebih banyak atasan dan bawahan yang ukurannya pendek-pendek, kamu bisa memasang dua batang gantungan baju secara bertingkat. Dengan gitu, satu ruangan bisa menyimpan dua kali lebih banyak.

Mengelompokkan pakaian berdasarkan kategori tertentu, juga cara yang efektif untuk mengorganisasi ruang dalam lemari. Misalnya, kamu bisa mengelompokkan pakaian berdasarkan jenisnya, kaos dengan kaos, kemeja dengan kemeja, begitu seterusnya.

Sisi bagian dalam dari pintu lemari pun bisa kamu manfaatkan sebagai ruang tambahan. Caranya, pasang satu atau dua gantungan handuk yang biasa dipakai pada kamar mandi, dengan begitu sisi dalam lemari dapat digunakan untuk menyimpan syal, selendang, dan sejenisnya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me