Solusi Dapur Rapi dan Bersih, Gak Ribet Kok!

Big Banner
Foto: Rumah123/Getty

 

Tau gak kamu? Dapur tuh bagian rumah yang harus kita bersihkan setiap hari. Kalau kamu gak sempat membersihkan dapur setiap hari karena bekerja di luar rumah dari pagi sampe malam, paling gak dua atau tiga kali seminggu harus kamu sempatkan untuk membersihkannya.

Supaya bikin kamu lebih gampang setiap kali membersihkan dapur, sebaiknya jangan pernah tinggalkan dapur dalam keadaan kotor dan berantakan. Pasalnya, kalau kamu gak segera membersihkan kotoran bekas memasak, akan menimbulkan bau tak sedap dan mengundang tikus dan hewan-hewan lain masuk ke dapurmu. Sisa makanan yang kelamaan dibersihkan jadi makan waktu saat kamu membersihkannya.

Baca juga: Kalau Rumah Sendiri, Bikin Kebun Stroberi di Dapur Juga Ga Ada yang Ngelarang!

Jangan biarkan pula piring bekas makan menumpuk di bak cucian. Bila tak sempat mencucinya setelah makan, cucilah besok paginya sebelum kamu ke luar rumah untuk beraktivitas.

Selain itu, menunda membersihkan counter top dapur dari debu dan kotoran bekas memasak akan menyebabkan sulitnya menghilangkan kotoran ini. Kotoran di atas counter top ini hanya akan hilang apabila segera dibersihkan setiap harinya.

Baca juga: Pengen Dapur yang Asyik? Ayo Bereskan!

Kalau ada bau gak sedap dari dapurmu, nah hal ini merupakan salah satu efek samping dari saluran pembuangan air (drainase) yang mampet. Bau tersebut memang mengganggu. Pada banyak kasus, saluran pembuangan menjadi tersumbat ketika sisa makanan atau tumpukan rambut tersangkut di tengah perjalanannya di dalam pipa. Benda-benda tersebut lama-kelamaan bercampur dengan material lain, membusuk, menjadi bakteri, dan melepaskan bau tidak sedap.

Mengutip Cleanipedia.com, ada cara untuk mengatasi bau tak sedap ini. Bersihkan wastafel dapur secara rutin. Hal ini merupakan kiat paling jitu guna menjauhkan saluran pembuangan dari timbunan kotoran mampet yang gak kita inginkan. Setidaknya, bersihkan wastafel dapur seminggu sekali. Manfaatkan bahan-bahan dapur semisal bubuk soda kue dan cuka untuk mengikis lemak, remah-remah makanan, dan bau di dalam pipa air yang kotor.

Memperlakukan wastafel sesuai pada fungsinya juga akan menghindarkan dari mimpi buruk saluran tersumbat. Wastafel bukanlah tempat sampah, jadi pikir ulang sebelum melempar segala sesuatu ke dalam lubang wastafel. Buang sisa-sisa makanan padat ke tempat sampah.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me