Begini Caranya Supaya Si Mbak Balik Lagi Setelah Lebaran

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/Apartment Therapy)

Saat asisten rumah tangga (ART) mudik setiap Hari Raya Idul Fitri, kaum ibu biasanya khawatir. Apakah ART bakal balik lagi nggak ya?

Jika ART menelepon dari kampung halaman dan mengatakan, “Saya nggak balik lagi ya bu.” Wah, dijamin kaum ibu bakal pusing tujuh keliling.

Baca juga: Cara Mudah Benahi Rumah Tanpa Pembantu

Bagi working mom maupun full time mom, tentu tidak mudah untuk mencari ART pengganti dalam waktu singkat. Solusinya paling menggunakan ART pengganti untuk sementara waktu.

Banyak cara yang dilakukan oleh orang agar ART kembali lagi bekerja alias tidak pergi secara mendadak dan betah bekerja selama beberapa tahun. Apa saja ya?

Baca juga:  Bikin Dong PRT-mu Betah Kerja di Rumah!

Pertama, menaikan gaji secara berkala, minimal satu tahun sekali. Bagi kamu yang merupakan working mom, senang nggak kalau tiba-tiba ada pengumuman naik gaji? Pastinya senang banget kan.

Hal yang sama juga terjadi pada ART kamu lho. Kenaikan Rp100-200 ribu bisa tidak berarti bagi kamu, tetapi sangat berarti bagi ART. Jadi biasakan menaikkan gaji ya.

Baca juga:  Naik Gaji, Bonus, dan Oleh-oleh yang Bikin “Tangan Kanan” Jadi Betah

Kedua, memberikan bonus dan Tunjangan Hari Raya (THR). Saat kamu menerima THR dan bonus, kamu bakal senang banget kan? Biasanya kamu suka traktir teman-teman kan?

Hal serupa juga terjadi pada ART kamu. Kalau kamu punya rejeki berlebih, coba deh berikan THR lebih besar dari gaji sebulan, misalnya kamu lebihkan Rp500 ribu atau Rp1 juta. Jangan pelit karena ART berjasa mengasuh anak-anak, menjaga rumah, dan lainnya.

Baca juga:  Jangan Lupa Pikirkan Kebutuhan Sepele ART

Bonus juga tidak kalah penting. Saat Hari Raya Idul Fitri, coba deh sisihkan uang di luar THR sehingga ART bisa membelikan baju Lebaran untuk orang tua atau saudara-saudaranya. Selain itu, biasakan untuk memberikan ongkos mudik pergi pulang sehingga THR tetap utuh.

Jangan lupa memberikan bingkisan Lebaran. Saat ART pulang kampung, dia bisa memberikan hadiah kepada orang tua dan kerabatnya. Tanpa kamu sadari, orang tua ART akan memuji kamu sebagai bos yang baik karena memerhatikan nasib ART.

Baca juga:  Ikut Bantu ART Saat Bangun Rumah dan Memulai Wirausaha

Ketiga, memberikan perhatian kecil. Sering mendengar kalau ada ART yang betah bekerja dari anak masih bayi hingga masuk kuliah? Padahal kalau melihat profil rumah tempat bekerja juga tidak tergolong mewah.

Kuncinya ada pada perhatian kamu terhadap ART. Banyak ART yang bekerja keras untuk membiayai hidup orang tua dan adik-adiknya. Coba deh tanya berapa tagihan listrik, biaya sekolah adik, atau kebutuhan lainnya.

Baca juga:  Tayangan Sinetron India Bikin ART Ga Mau Pindah Kerja

Banyak orang yang tidak ragu untuk menyekolahkan adik ART atau membayar tagihan listrik. Jumlahnya biasanya kecil, namun perhatian ini tergolong besar.

Mungkin kamu juga bisa memberikan BPJS Kesehatan, memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti sabun mandi, shampoo, hingga pulsa.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me