Trend Tumbuhnya Hunian Vertikal di Kawasan Township (3)

Big Banner

Tak hanya di selatan dan timur saja. Di barat Jakarta, Sinar Mas Land juga banyak membangun apartemen di kawasan township BSD City di kawasan Serpong, Tangerang Selatan. Dalam mengembangkan apartemen, Sinar Mas Land juga menggandeng pihak lain.

Bersama Hongkong Land, Sinarmas land mengembangkan apartemen NavaPark seharga Rp1,5 miliar hingga Rp3,9 miliar. Sementara dengan Country Garden, pengembang properti yang tercatat di Bursa Efek Hong Kong, Sinar Mas Land mengembangkan Sky House BSD+ di atas tanah seluas 8,3 ha.

Terdiri dari 12 menara, berlokasi di sebelah pusat perbelanjaan AEON Mall, Sky House BSD+ terdiri dari tipe studio sampai sampai 3 + 1 kamar tidur. Rencananya Sky House BSD+ akan membawa konsep yang menawarkan kehidupan Singapura dengan mengutamakan unsur-unsur alam, lanskap, arsitektur, hiburan dalam suasana komunitas internasional.

“Jadi, mulai keluar apartemen sampai ke pedestrian, shelter transportasi publik hingga mal atau pusat hiburan kami buat terintegrasi dalam lingkungan yang aman, nyaman meski untuk fasilitas jalan kaki,” ujar Jeffrey Lei, Marketing Director Sky House BSD+.

Selain apartemen, pengembang township juga membangun perkantoran. Seperti Sinarmas Land yang mengembangkan BSD Green Office Park 1 (GOP 1) di area seluas 1,9 hektar. Gedung perkantoran terbaru ini menjadi bagian dari kawasan BSD Green Office Park, yaitu distrik /perkantoran pertama di Indonesia yang mendapat sertifikasi Gold Green district dari BCA (Building Construction Authority) Singapura.

Gedung perkantoran BSD GOP 1, didesain oleh konsultan arsitek terkemuka yakni Pomeroy Studio Singapura. Gedung perkantoran enam lantai ini memiliki dua lantai basement untuk parkir dengan total bangunan seluas 59,089 m2. Sinar Mas Land mengeluarkan dana investasi sebesar Rp500 miliar untuk pembangunan Gedung BSD GOP 1.

CEO Strategic Development and Services Sinar Mas Land, Ishak Chandra, mengungkapkan, BSD GOP 1 merupakan solusi dari Sinar Mas Land untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan gedung perkantoran dengan desain berkelas dan fasilitas terbaik di lokasi strategis dan mudah diakses. “Kehadiran BSD GOP 1 juga menunjukkan bahwa Sinar Mas Land selalu berkomitmen mendukung pelestarian alam dengan menghasilkan bangunan yang ramah lingkungan dan hemat energi, sesuai dengan konsep Green District,” ujarnya.

Sinar Mas Land juga mengembangkan areal perkantoran bagi perusahaan teknologi berlabel Digital Hub BSD. Salah satu lini bisnis Grup Sinar Mas ini berharap, proyek tersebut bisa menjadi semacam Silicon Valley dari Indonesia. Pengembang ini membangun areal tersebut di atas lahan seluas 25,86 ha. Nanti, areal perkantoran ini bakal diisi perusahaan teknologi berbasis digital serta usaha rintisan (start up). Pembangunan proyek Digital Hub BSD bernilai Rp7 triliun.

PT Sentul City Tbk. juga berencana membangun Silicon Valley di Sentul City dengan menggandeng Group 70 International, perusahaan yang berpusat di Honolulu, Hawaii. Rencananya proyek yang diberinama Sentul City Tech Center akan berdiri di atas lahan 140 hektar. MPI YS

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com