Satu dari Tiga Pensiunan Punya Dua Rumah. Kalau Kamu Nanti Pensiun, Punya Apa?

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/Apartment Therapy)

Satu dari tiga orang pensiunan di Australia memiliki dua rumah dalam portofolio properti mereka. Hal ini terungkap dalam riset terbaru Australian Housing and Urban Research Institute (AHURI).

AHURI menemukan kalau investasi properti memainkan peranan penting dalam rencana pensiun bagi mereka yang sudah tidak lagi bekerja. Saat ini, banyak kaum lansia (lanjut usia) Australia yang memiliki rumah kedua.

Baca juga: Ga Nyangka Kalau Mantan Bos Apple Juga Investor Properti Lho

“Seperempat dari mereka yang mendekati masa pensiun memiliki dua properti pada 2002. Angka ini bertumbuh menjadi 30% pada 2014,” ungkap laporan AHURI.

Para pensiunan lebih membidik investasi properti. Saat ini, investasi properti dan rumah peristirahatan menjadi komponen investasi terbesar ketiga alam portofolio pensiunan.

Baca juga: Baru Sebulan Jual Rumah, Komedian Sekaligus Investor Ini Jual Lagi Lima Rumahnya

Sebelumnya, AHURI juga melansir kalau investasi tadi hanya menempati posisi kelima aset berharga kaum pensiunan pada 2002. Saat ini, investasi properti berada di peringkat tiga setelah rumah tinggal dan dana pensiun.

Biasanya, para pekerja di negara-negara Barat sudah memiliki skema pensiun berupa dana pensiun. Kalau di Indonesia, ada BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Pensiun.

Baca juga: Umur 31 Tahun, Carla Sudah Jadi Investor, Kamu Udah Ngapain?

Selain itu, mereka ini juga rata-rata sudah melek investasi dan memiliki instrument investasi berupa saham, obligasi, reksadana, dan sejenisnya. Belakangan, para pensiunan di Australia membidik properti sebagai investasi karena rendahnya pajak.

Nah, buat kamu yang termasuk generasi milenial, jangan berpikir pendek kalau masa pensiun itu masih lama. Salah besar lho.

Baca juga: Si Cantik Scarlett Johansson Investor Properti, Jangan Mau Kalah Dong

Kamu harus berpikir panjang untuk menyiapkan dana pensiun dan investasi properti. Kalau kamu memulainya dari sekarang, kamu bakal kaya raya saat pensiun nanti.

Pernah membayangkan kalau kamu pensiun sudah memiliki beragam investasi termasuk properti. Kalau sudah begini, kamu mau traveling ke mana aja juga bisa. Siapa tahu di zaman nanti saat kamu pensiun, kamu bisa jalan-jalan ke Mars seperti yang dibayangkan Elon Musk. Mau?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me