Wah, ART Belum Balik? Ah, Biasa Aja Dong

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/Apartment Therapy)

Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah sudah berlalu hampir satu pekan. Bagi kamu yang nggak mudik, mungkin kamu dan pasangan sudah jumpalitan tanpa kehadiran asisten rumah tangga.

Ingin menggunakan ART infal ternyata bisa bikin kantong kamu bolong. Laundry belum sepenuhnya beroperasi normal karena para pekerjanya juga mudik.

Baca juga: Bersih-bersih Rumah yang Menyenangkan

Jasa pembersih yang didapatkan online juga tidak membantu. Meminta tolong kepada tetangga juga tidak bisa karena sibuk.

Peran ART memang membantu bagi kamu baik yang menjadi working mom atau pun full time mom. Lantas bagaimana dong untuk mengatasinya?

Baca juga: Yuk, Bikin Jadwal Bersih-bersih Rumah

Pertama, bertanya kepada ART kapan kembali. Jika masih lama, maka kamu harus mengatur strategi tanpa ART sementara waktu.

Kedua, mengambil cuti. Buat kamu yang menjadi pekerja swasta, biasanya sudah mulai bekerja. Kamu bisa mengambil cuti selama beberapa hari.

Baca juga: Ajak Dong Anggota Keluarga Bersih-bersih Rumah

Ketiga, melibatkan pasangan. Kamu bisa meminta pasangan untuk mengambil cuti bergantian untuk mengurus putra putri kamu seandainya ART baru kembali hingga akhir bulan.

Keempat, meminta bantuan orang tua dan mertua. Kamu bisa menitipkan putra putri ke kakek nenek mereka untuk sementara waktu. Tentunya kalau mereka belum masuk sekolah. Jika putra putri kamu sudah sekolah, seandainya memungkinkan justru kakek nenek yang tinggal sementara di rumah kamu untuk menjaga cucu-cucunya.

Baca juga: Bersih-bersih Rumah untuk Isi Liburan? Wah, Seru Banget!

Kelima, meminta bantuan tetangga. Siapa tahu ada tetangga yang bisa dimintai tolong untuk membersihkan rumah, memasak, mencuci pakaian, hingga menjaga putra putri kamu.

Keenam, melibatkan anak-anak. Jika anak-anak sudah cukup besar atau beranjak remaja, kamu bisa melibatkan anak-anak untuk beberapa pekerjaan rumah. Saat kamu dan pasangan pergi ke kantor, sementara anak-anak pergi sekolah, kunci saja rumah. Ketika anak-anak pulang, mereka bisa diberi tanggung jawab untuk menjaga rumah sementara kamu dan pasangan belum pulang.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me