Rumah Sempit Ramah Lingkungan dari Bahan Daur Ulang

Big Banner
Rumah Milik Pasangan Taylor Bode dan Steph Bode (Rumah123/Nomadic Root Design)

Hunian unik ini berada di negara bagian California, Amerika Serikat. Pemiliknya adalah pasangan Taylor Bode dan Steph Bode.

Rumah ini hanya memiliki luas 52 meter persegi. Biaya pembangunannya hanya USD 10 ribu (Rp140 juta). Murah banget lho untuk ukuran rumah di Amerika Serikat.

Baca juga: Keluarga 5 Anak Happy Banget Tinggal di Apartemen Sempit

Mereka membangun rumah ini karena keterbatasan dana. Sebelumnya, mereka sudah memiliki lahan. Rumah ini dibangun dalam waktu satu tahun.

Kok bisa ya pasangan ini membangun rumah dengan biaya murah? Ternyata, pasangan Bode memanfaatkan material daur ulang untuk membangun rumah.

Baca juga: Mau Hidup Ekstra Irit, Keluarga 3 Anak Ini Pilih Tinggal di Rumah Sempit

Taylor sedang menyelesaikan pendidikan pasca sarjana dan bakal mendapatkan gelar Master of Architecture dari University of Oregon, AS. Dia juga sedang menulis buku berjudul Nomadic Roots dan memiliki blog berjudul sama.

Dia memanfaatkan barang yang sudah dibuang seperti ban bekas, botol gelas, kaleng aluminium, dan lainnya. Bahkan, semua jendela dan pintu merupakan barang gratisan yang dia dapatkan dari situs jual beli Craiglist.

Baca juga: Rumah Sempit yang Cocok Buat Bangsa Pelaut

Semua furnitur dalam rumah ini terbagi tiga. Ada yang dibuat sendiri, ada barang temuan di suatu tempat, atau gratis. Hmm, menemukan barang sama gratis bedanya di mana ya? Agak mirip deh ya.

Seluruh dinding interior dilapisi kayu redwood. Sementara lantai terbuat dari pasir, tanah liat, air, dan dicampur minyak, serta dengan penyelesaian khusus.

Baca juga: Wah, Pangeran Harry dan Meghan Markle Tinggal di Rumah Sempit

Dinding bagian Barat, Timur, dan Utara dilapisi dengan lapisan khusus sehingga udara di dalam ruangan menjadi stabil. Ruangan bisa hangat saat musim dingin dan sebaliknya menjadi dingin saat musim panas.

Hmm, pernah terpikir untuk membangun rumah sendiri seperti ini kalau memiliki lahan? Kamu bisa memanfaatkan material bekas untuk eksterior dan interior, tidak ketinggalan untuk perabot ya. Berani mencoba?

Baca juga: Kayak Gimana Punya Rumah Sempit di Tengah Hutan?

Pasangan Taylor Bode dan Steph Bode Memanfaatkan Bahan Daur Ulang dalam Membangun Rumah (Rumah123/Nomadic Root Design)

Taylor Bode Memanfaatkan Ilmunya Sebagai Arsitek dalam Membangun Rumah dari Bahan Daur Ulang (Rumah123/Nomadic Root Design)
Biaya Pembangunan Rumah Sempit Ini Hanya Rp140 Juta (Rumah123/Nomadic Root Design)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me