5 Cara Mudah Bikin Kamar Tidur Ga Panas dan Ga Perlu AC

Big Banner
Ilustrasi Kamar Tidur (Rumah123/Apartment Therapy)

Saat udara panas, hal yang paling mudah untuk mengatasinya adalah menyalakan pendingin udara atau AC. Udara panas pun hilang.

Namun, menyalakan pendingin udara tentu merupakan pemborosan karena pemakaian listrik. Apalagi kalau kamu menyalakan AC sepanjang hari.

Baca juga: Yuk, Disimak Cara Bikin Kamar Tidur Kamu Jadi Lebih Sehat (Bagian 2)

Sebenarnya, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi udara panas ini. Sekaligus juga untuk mendinginkan rumah kamu setiap saat.

Situs Huffington Post memberikan belasan cara bagaimana membuat hunian kamu tetap adem tanpa menggunakan AC. Apa saja ya?

Baca juga:  Yuk, Disimak Cara Bikin Kamar Tidur Kamu Jadi Lebih Sehat (Bagian 1)

Pertama, pastikan roller blind tetap tertutup. Situs Family Handyman menyatakan kalau 30 persen hawa panas yang tidak diinginkan datang dari jendela, tirai, dan penutup.

Kamu bisa menutup jendella dengan roller blind. Kamu bisa menghemat 7% tagihan listrik dan menurunkan suhu ruangan hingga 6 derajat Celsius (20 derajat Farenheit). Sebenarnya, ini sama saja membuat rumah hijau dalam ukuran kecil.

Baca juga:  Ingin Nyaman di Kamar Tidur? Atur Penataan Lampu Dong

Kedua, memiliki tirai tebal. Keberadaan tirai tebal akan menghalangi sinar matahari. Secara alami, keberadaannya membuat suhu ruangan menjadi turun.

Consumer Reports merekomendasikan tirai berwarna netral dengan pelapis plastik putih untuk mengurangi panas hingga 33%. Wow, bisa turun banyak ya?

Baca juga:  Kamar Tidur Warna Putih Membosankan? Coba deh Lihat Apartemen Ini

Ketiga, cerdas soal pintu rumah. Biasakan untuk menutup pintu ruangan yang tidak terpakai untuk mencegah udara sejuk keluar dari ruangan saat hari panas.

Tentunya kamu tidak ingin udara panas masuk dan sebaliknya udara dingin bisa tetap berada di dalam ruangan. Malah mungkin kalau bisa udara ruangan yang sejuk bisa berhembus ke ruangan lainnya.

Baca juga:  Kamar Tidur Anak Sekaligus Jadi Ruang Bermain, Wah Bisa Didesain Jadi Satu Lho

Keempat, manfaatkan kipas angin dan es. Kalau memakai pendingin udara, kamu belum tentu bisa mendapatkan udara sejuk seperti di pegunungan.

Taruh saja es dalam mangkuk besar dan taruh di depan kipas angin yang berputar. Kamu akan mendapatkan hembusan angin dingin.

Baca juga:  Simsalabim, Lemari Buku Bisa Muat dalam Kamar Tidur Sempit

Kelima, ganti sprei. Saat kamu tidur, tentunya kamu merasakan kalau sprei dari bahan katun tentunya lebih adem di kulit.

Ada baiknya kamu mengganti sprei dari bahan katun agar tidur kamu lebih nyaman. Dan tentunya agar kamar tidur menjadi lebih adem dan dingin, meski tanpa AC.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me