Sebelum Bayar Uang Sewa Rumah, Kamu Harus…

Big Banner

 

Foto: Rumah123/Getty

 

Karena alasan tertentu semisal rumah yang kamu beli sedang dibangun, maka kamu butuh menyewa rumah. Poin-poin apa aja sih yang baiknya kamu perhatikan sebelum bertransaksi membayar uang sewa? Simak tips berikut ini:

Ke-1. Dapatkan perjanjian tertulis sewa rumah yang mencantumkan syarat dan ketentuan. Jangan pernah kamu membayar dengan cara ditransfer atau dengan cek pribadi.

Ke-2. Cari tahu apakah kamu mendapatkan deposit keamanan. Jika ada, tanyakan juga mencakup apa aja.

Baca juga: 9 Hal yang Harus Jadi Perhatian Kalau Menyewa Properti

Ke-3. Mintalah pendapat keluarga atau teman untuk rekomendasi sewa rumah, kalau kamu ingin menyewa rumah atau kondominium miliki orang asing. Mintalah juga referensi dari orang lain yang pernah tinggal di sana (biasanya di iklan online, suka ada pendapat dari orang yang pernah menyewad di tempat itu).

Ke-4. Kalau pemilih rumah tinggal jauh dari lokasi rumah yang kamu sewa, cari tahulah apakah ada pengurus lokal yang dapat menangani masalah-masalah seperti sekering listrik yang rusak, saluran air yang mampet. Cari tahu juga siapa yang harus kamu kontak pertama kali saat rumah dalam kondisi darurat.

Baca juga: 5 Hal Penting Saat Menyewa Hunian, Inget Ya!

Ke-5. Pastikan ada cukup peralatan masak dan meja makan yang memadai. Hal ini perlu menjadi perhatian, terutama kalau jumlah penghuni rumah sewa cukup banyak. Tanyakan juga adakah mesin pembuat kopi, talenan, dan pisau sebelum kamu memutuskan untuk menyewa rumah tersebut.

Ke-6. Tanyakan juga kepada pemilik rumah hal-hal penting seperti obyek wisata apa yang terdekat, seberapa jauh rumah dari pusat kota, pom bensin terdekat, dan pasar tradisional.

Ke-7. Sedapat mungkin sebelum kamu memutuskan untuk menyewa rumah tersebut, datang langsung meninjau kondisi rumah. Biasanya apa yang tampak di gambar atau foto sering jauh berbeda dengan aslinya.

*

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me