Kita Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Tahun Berapa Ya?

Big Banner

 

Tampilan hall Istora Senayan, Jakarta. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto

 

Bayangkan kalau kita jadi tuan rumah Piala Dunia, pastinya okupansi hotel dan penginapan yang ada akan meningkat. Para investor properti dan kamu yang menyewakan hunian bisa tersenyum lebar karena kocek jadi penuh. Kapan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia? Atau event olahraga kelas dunia lainnya semisal Olimpiade?

Kalau menurut Dewan Pengarah Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Jusuf Kalla, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (29-7-2018), Indonesia akan mencoba mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Pasalnya, saat ini Indonesia sudah punya venue olahraga kelas dunia alias berstandar internasional, itu akan dilihat dunia pada Asian Games 2018.

Baca juga: Istana yang Berbenah Jelang Asian Games 2018

“Saya lihat sendiri komplek Olimpiade di London, kita di sini Senayan jauh lebih baik. Sehingga, kita ada harga diri untuk Olimpiade, kemungkinan kita bisa untuk tahun 2032,” kata Kalla, seperti dikutip dari sumber yang sama.

Kalla menyamakan venue olahraga yang ada di Jakarta maupun di Palembang dengan di negara-negara maju. Jadi, memang sudah berstandar internasional.

Baca juga: Tiga Menara Rusun Atlet Siap Digunakan Untuk Asian Games 2018

Bicara soal standar internasional, tau gak? di Bekasi ada dua lho stadion sepak bola yang berkelas dunia, yakni Stadion Patriot Purnawarman dan Stadion Wibawa Mukti. Yang pertama berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 2, Bekasi, dan yang kedua di kawasan Jabebaka, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.

Stadion Patriot Purnawarman berkapasitas 30.000 penonton dan sebelumnya merupakan markas Persipasi Bekasi dan Persipasi Bandung Raya (PBR). Sedangkan Stadion Wibawa Mukti yang berluas lahan sekitar 20 hektare ini berkapasitas 32.000 single seats. Stadion Wibawa Mukti dikelilingi hotel-hotel dan fasilitas pendukung lainnya. Kota Jababeka memang akan dikembangkan menjadi kawasan Sport City.

Jakarta, Palembang, Bekasi, yang punya stadion kelas dunia mungkin bisa bersiap-siap dari sekarang untuk jadi tuan rumah Piala Dunia. Para investor properti, terutama yang punya hotel dan penginapan, pastinya akan menyambut senang. Kalau kamu gimana?

rumah123.com