DP 0% Bikin Mimpi Punya Rumah Jadi Kenyataan!

Big Banner
Foto: Rumah123/Getty

 

Belum juga punya rumah sampai sekarang karena terhalang uang muka (DP)? Nah, buat kamu yang tergolong milenial ini, kini bakal bisa senyum lebar. Mulai 1 Agustus 2018 nanti, pihak bank bisa memberikan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) gak pake DP. Jadi, kamu tinggal mencicil angsurannya aja per bulan sampai masa mencicil selesai. Kok bisa gitu?

Bank Indonesia (BI) baru saja mengumumkan kebijakan baru tentang KPR bagi pembeli hunian pertama, baik rumah tapak maupun apartemen. Dalam aturan baru ini, BI gak lagi mengatur minimal DP yang harus dibayarkan oleh pembeli.

Baca juga: Kalau DP 0%, Berapa Ancer-Ancer Cicilannya dari Gaji Rp7 Juta?

Perihal DP, seluruhnya diserahkan BI kepada pihak perbankan. Sebelumnya, BI mengatur DP yang harus dibayar masyarakat minimal 15% dari harga rumah. Nah, angin segar kan buat kamu yang selama ini gak mampu bayar DP meski sudah menabungnya sejak lama.

Sekarang untuk punya rumah, kamu gak usah menunggu sampe DP terkumpul dulu. Kamu sekarang tinggal pilih rumah yang kamu inginkan dan membayar angsurannya per bulan hingga lunas.

Baca juga: Saatnya Beli Rumah Tanpa DP, Serbuuu..!

BI membebaskan pihak perbankan mengatur rasio LTV (Loan to Value) KPR dan pembiayaan properti fasilitas rumah pertama untuk semua tipe. “Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kesempatan kepada masyarakat, terutama first time buyer untuk memenuhi kebutuhan rumah pertama mereka melalui KPR,” kata Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, seperti dikutip Kompas.com, Senin (2-7-2018).

Bank Indonesia (BI) merelaksasi rasio pinjaman terhadap nilai aset (LTV) tersebut untuk menjaga kinerja sektor properti yang dinilai masih memiliki potensi akselerasi dan dampak cukup besar terhadap perekonomian nasional.

Jadi, beli rumah bukan lagi cuma impian. Beli aja!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me