Jakarta Menambah Suplai Apartemen 46 Ribu, Pasar Masih Berat

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Bisnis properti belum juga menunjukan peningkatan berarti hingga habisnya semester pertama tahun ini termasuk di Jakarta. Pada saat bersamaan pasok baru masuk ke pasar sebanyak 46.400 unit.

Ilustrasi : Apartemen di Jakarta | Foto : Dok. Majalah HousingEstate

Ilustrasi : Apartemen di Jakarta | Foto : Dok. Majalah HousingEstate

“Situasi  itu membuat pertumbuhan (growth) kenaikan harga apartemen menurun dibandingkan periode awal tahun 2010 hingga saat ini. Pada periode 2011-2015 kenaikan harga apartemen masih 10-15 persen per tahun, kemudian turun menjadi di bawah 10 persen pada periode 2015-2018,” kata Ferry Salanto, Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia (CII), perusahaan riset dan konsultan properti asing di Jakarta, saat memaparkan outlook pasar properti Jakarta, Surabaya, dan Bali kuartal II 2018 di Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Ia menyebutkan, suplai apartemen sebanyak 46.400 unit itu mencapai 30 persen dari total suplai apartemen di Jakarta selama tiga tahun terakhir (2015-2018) dengan tingkat serapan terus menurun hingga saat ini menjadi rata-rata 70 persen. Hal ini membuat pasar sewa apartemen stagnan dalam tiga tahun terakhir baik tingkat isian atau okupansi maupun kenaikan harga sewanya.

Dampak lebih jauh, pemilik uang menahan diri membeli apartemen karena return (pengembalian investasi)-nya dianggap kurang menarik. Di sisi lain yang sudah membeli apartemen dan tidak segera tersewa, menanggung beban karena harus tetap membayar biaya maintenance seperti service charge dan lain-lain.

“Ini menjadi PR pengembang untuk bersiasat bagaimana produknya bisa terserap pasar. Isunya ada dua. Untuk segmen menengah ke bawah bagaimana harga apartemennya bisa terjangkau (affordable), sedangkan untuk segmen menengah atas bagaimana mendorong pemilik duit mau membeli atau berinvestasi dalam property sehingga bisnis properti bisa kembali menggeliat,” jelas Ferry.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me