Stadion Piala Dunia 2018 Didesain Atasi Para Perusuh, PSSI Perlu Belajar Nih!

Big Banner
Polisi Rusia Menjaga Keamanan Piala Dunia 2018 Rusia (Rumah123/VOA News)

Hooligan, ultra, barra brava. Apa pun namanya, semua ini adalah para perusuh dalam dunia sepak bola. Mereka bisa muncul saat pertandingan sepak bola atau di luar stadion. Kalau di Indonesia, namanya eh nggak jadi ah.

Kerusuhan antar suporter fanatik sepertinya menjadi hal biasa. Apalagi kalau kedua tim bermusuhan alias punya sejarah derby.

Baca juga: Dari Tukang Cat Jalanan Jadi Bintang Bola Dunia, Mau Ikutan?

Dalam setiap turnamen sepak bola berskala besar seperti Piala Eropa atau Piala Dunia, panitia penyelenggara sudah harus siap siaga untuk mengantipasi para perusuh yang bikin ulah. Ini pesta sepak bola sob, bukan arena tawuran ya.

Panitia penyelenggara Piala Dunia 2018 Rusia pun sudah bersiap untuk itu dan menyakinkan kalau aman. Stadion didesain untuk menghadang ulah para ultra hooligan. Ya, sepanjang penyelenggaaan, Piala Dunia 2018 aman-aman aja ya.

Baca juga: Wah, Ternyata Kayak Begini Kelakuan Fans Jepang Selama Piala Dunia 2018

“Kami ingin pendukung datang ke sini dan menikmati pengalaman sepak bola yang menyenangkan dalam lingkungan yang sepenuhnya aman,” ujar Menteri Olah Raga kawasan Regional, Liudmila Chernova seperti dikutip oleh Mirror.

Ada kekhawatiran kalau pendukung Inggris bakal bak-buk-bak-buk dengan suporter tuan rumah Rusia. Insiden terjadi di Marseille dalam Piala Eropa 2016 Prancis. Hooligan garis keras Rusia membidik pendukung Inggris. Suporter Rusia sempat mengeroyok fans Inggris hingga babak belur.

Baca juga: Lantaran Keluarga Betah, Pesepakbola Kroasia Berencana Menetap di Spanyol

Chernova sempat mengajak media Inggris untuk mengunjungi Stadion Fisht di Sochi. Stadion ini mempunyai metal detektor super sensitif di semua pintu masuk yang berjumlah 170.

Sementara Daily Star sempat melansir kalau ada mesin pemindai X-Ray yang biasa digunakan di bandara. Mesin ini dipakai untuk memeriksa barang bawaaan penonton.

Baca juga: Saking Cinta Lionel Messi, Penjual Teh Cat Rumahnya Ala Bendera Argentina

Para penonton juga dimonitor dengan kamera video. Tidak hanya itu, para pengawas pertandingan yang sudah terlatih serta polisi anti huru hara akan terus berpatroli.

Hmm, kayaknya para pengurus PSSI harus belajar nih soal mengatasi kerusuhan yang dilakukan para pendukung baik di dalam maupun luar stadion. Bagaimana Pak Ketua Umum PSSI?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me