Masih Nunggu Rumah DP 0% Pemprov DKI Jakarta?

Big Banner
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (tengah) sedang meninjau maket Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, usai acara groundbreaking pada 18 Januari 2018 lalu. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

 

Apa kabar rumah DP 0% program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta? Kalau kamu masih nunggu juga, wah kayaknya masih belum jelas tuh progresnya. Pasalnya, sejak groundbreaking atau peletakan batu pertama pada 18 Januari 2018 lalu, sampe saat ini belum ada progres yang berarti.

Hal tersebut juga dipertanyakan oleh CEO Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda. Dia menilai program tersebut terburu-buru karena aturan dan mekanismenya belum ada. “Masak sudah groundbreaking terus tidak ada kelanjutannya, apalagi ini program pemerintah daerah,” kata Ali seperti dikutip tempo.co, Selasa (17-7-2018).

Baca juga: Pemprov DKI Bangun Hunian DP Rp0, Ciyus nih! Mau Beli Gak?

Ali berpendapat bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seharusnya lebih serius menyusun program rumah untuk rakyat. Pasalnya, banyak yang menunggu kalau memang benar program tersebut bisa diwujudkan.

Menurutnya, masalah rumah DP 0% program Pemprov DKI Jakarta bukan pada dana, melainkan pada ketersediaan lahannya. “Harusnya Pemprov tidak terlalu banyak berkutat dengan skema DP nol rupiahnya. Karena sebagus apa pun skemanya, yang penting tanahnya ada atau tidak. Bila masalah lahannya sudah ada, maka skema apa pun bisa dibuat,” katanya.

Terkait kendala penyediaan lahan untuk program rumah DP 0%, Ali menyarankan Pemprov DKI menggandeng BUMN atau BUMD agar bisa merealisasikannya, antara lain dengan merevitalisasi lahan-lahan milik Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Ga Ada Subsidi DP untuk Rumah DP Rp0 Pemprov DKI, Jadi Gimana Dong?

Masih ingat? Pemprov DKI telah melaksanakan groundbreaking proyek rumah DP nol rupiah pada 18 Januari 2018 lalu di kawasan Klapa Village, Jalan H Naman, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Meskipun gambar dan aturannya belum ada, tapi groundbreaking telah dilaksanakan untuk membuktikan keseriusan Pemprov DKI merealisasikan program unggulannya itu.

Selanjutnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan bahwa urusan rumah DP 0% itu akan ditangani oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang akan dibentuk pada April 2018. Skema pembiayaannya akan mengadopsi program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) pemerintah pusat.

Baca juga: Kelemahan Rumah DP Rp0 Itu Apa Aja Sih?

Akan tetapi, Pemprov DKI kemudian mengumumkan gak jadi membentuk BLUD, gantinya adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT). Tapi, sampai sekarang, 18 Juli 2018, belum ada tanda-tanda UPT bakal dibentuk.

Gimana? Kamu masih nungguin program rumah DP nol rupiah Pemprov DKI Jakarta? Coba beralih ke program yang lain aja, semisal program rumah DP 0% yang nanti berlaku mulai 1 Agustus 2018 sebagai buntut dari pelonggaran Loan to Value (LVT) Bank Indonesia baru-baru ini. Jadi, jangan tunda-tunda beli rumah! Beli sekarang aja!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me